Tingkatkan Perekonomian, Pemuda ‘Wajib’ Bentuk Usaha

117
Yanuar Prihatin

GARUT – Tumbuhnya pengusaha di kalangan pemuda di suatu daerah diyakini bisa meningkatkan perekonomian daerah. Demikian diungkapkan Motivator sekaligus Founder Cahaya Sekolah Kehidupan, Yanuar Prihatin, kepada wartawan usai memberikan kuliah umum ‘Menuju 1 Juta Enterpreneur Indonesia’ di Aula Musaddadiyah, Sabtu (26/10/2019).

Yanuar menilai, terbentuknya kondisi ekonomi yang sehat pada suatu daerah jika tumbuh sektor usaha baru sebanyak 14 persen dari jumlah penduduk wilayah tersebut.

“Setidaknya tumbuh 14 persen (sektor usaha, red) di jumlah penduduk sudah top. Pertumbuhan ekonomi akan lebih bagus,” katanya.

Dengan begitu, pihaknya mengajak masyarakat luas, khususnya generasi muda untuk bisa mengoptimalkan cita-cita atau impian yang ditunjang dengan kemampuan yang ada dalam diri.

“Sukses hidup besok itu akan lebih banyak ditentukan diri kita. Makanya penting bagaimana menguatkan diri kita, menguatkan innerpower diri sendiri, semua orang bisa melakukan itu,” tambahnya.

Lanjut Yanuar, pentingnya diri untuk mau berwirausaha dilihat dari skala kemungkinan yang semakin kecil masing-masing individu menggantungkan diri kepada orang lain, termasuk dalam mengais rezeki. Maka dari itu, pihaknya mendorong khsusunya kalangan pemuda bisa membangun sektor usaha mulai dari saat ini.

“Hal yang orang harus lakukan (berwirausaha, red) karena keterbatasan ruang kerja di luaran sana, masa harus jadi PNS semua? kan tidak mungkin, masa harus kerja di orang? semua kan tidak mungkin, yang paling bisa mengambil porsi untuk merubah nasib hidupnya (diantaranya membuka usaha, red),” katanya.

Oleh karena itu, Yanuar mengingatkan, untuk menjadi sukses, impian besar menjadi hal penting. Hal tersebut harus ditunjang dengan kemampuan diri.

“Jadi anda impiannya apa? Karena sama kalau mau ke luar rumah mau kemana (tujuannya atau impiannya, red). Rata-rata orang gagal disitu, tidak bisa merumuskan dengan baik, terus kekuatannya apa,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here