Tingkatkan Kualitas Usaha, Daarut Tauhiid Bimbing Pelaku UKM

35
D. Hari Teguh Aji

Pelaku Usaha Terdiri dari Korban Banjir Cimanuk Garut.

GARUT – Dalam rangka meningkatkan kualitas usaha para korban banjir bandang sungai Cimanuk di Garut Jawa Barat, Daarut Tauhiid (DT) Kabupaten Garut berikan bimbingan usaha kecil menengah (UKM).

Setiap pekannya, DT memberikan pendampingan untuk mengupgrade para pelaku UKM yang menjadi binaan. Upaya tersebut telah dilaksanakan menjelang satu tahun.

Menurutnya, bimbingan yang difokuskan terhadap korban banjir di Garut ini merupakan tahun pertama, hal ini ditujukan untuk membangkitkan mental atau ahlak, dan kebiasaan  para korban.

Hari mengatakan, memasuki tahun ke dua, proses bimbingan akan fokus pada peningkatan kualitas produk yang dihasilkan pelaku usaha, mulai dari perijinan, lebel halal dan yang lainnya.

“Ini sebagai recovery korban banjir di Garut, agar bisa tumbuh kembali salah satunya adalah penghasilan mereka,” kata Kepala Bagian Penyaluran Program Dompet Peduli Garut, D. Hari Teguh Aji, kepada wartawan usai kegiatan bimbingan UKM di Gedung Pendopo Kabupaten Garut, Rabu (09/10/2019).

Menurutnya, dari 100 orang yang dibimbing, usaha yang dibentuk sudah berjalan sampai saat ini. Meski kata Heri, jangkauan pemasarannya masih di sekitar tempat tinggal mereka.

“Untuk bantuan permodalan,  bentuknya ada, tapi kita bertahap untuk tahap awal ini yang disalurkan oleh koperasi pemberdayaan ummat, baru sekitar Rp1 juta. Ini pembelajaran dari kita, khususnya amanat dari Kyai A Agym sendiri, setiap mimggu mereka harus dikumpulkan dalam pengajian, kita bangun mental mereka,” katanya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here