Tidak Hanya Bidang Ekonomi dan Pendidikan, Uniga Mendorong Lulusannya Berkiprah di Politik

326
Rektor Uniga memberikan penghargaan kepada beberapa lulusan terbaik dalam wisuda, di Hotel Harmoni, Cipanas, Sabtu (4/5).

RadarPriangan.com, GARUT – Sejumlah 268 lulusan Universitas Garut (Uniga) angkatan ke-XXVI diwisuda pada gelombang II tahun akademik 2018/2019. Prosesi wisuda digelar dalam sidang terbuka senat Uniga di Hotel Harmoni Jalan Cipanas Baru, Sabtu (4/5/2019).

Rektor Uniga Dr. Ir. H, Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengatakan, para lulusan Uniga diharapkan mampu membaca serta mengambil peluang ketika berada di dunia usaha maupun kerja.

Tidak hanya terpaku pada sektor ekonomi atau pendidikan saja, namun sejumlah lulusan juga diharapkan bisa berkiprah dalam bidang politik dan ikut serta membangun bangsa dan negara.

“Beberapa lulusan Uniga ada yang masuk parlemen, di DPRD Garut saja setidaknya ada 10 orang, untuk DPR RI juga ada. Kita berharap mahasiswa juga tertarik pada kegiatan ekstra kampus, karena mereka juga yang sudah jadi (anggota legislatif, red) aktif di ekstra kampus. Mungkin tidak saat ini juga, mungkin lima atau sepuluh tahun kedepan mereka bisa,” kata Syakur.

Lanjutnya, gelaran wisuda saat ini menampilkan perbedaan dibanding wisuda sebelumnya, dimana tempat penyelenggaraan dilaksanakan di Luar Uniga yakni di Hotel Harmoni.

Lanjut Syakur, langkah tersebut diambil dengan pertimbangan ingin memberikan suasana baru dan lebih meningkatkan pelayanan kepada para wisudawan agar lebih mendapatkan kenyamanan dan kekhidmatan prosesi wisuda.

Setelah ini, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait tempat pelaksanaan untuk wisuda yang akan datang.

“Wisuda yang lalu kita selalu melakukannya di dalam kampus, salah satu alasanya yaitu untuk lebih mengenalkan Kampus Uniga kepada masyarakat Garut khususnya dan Jawa Barat pada umumnya, dan seiring perkembangan zaman sekarang masyarakat sudah mengetahui keberadan kampus Uniga jadi untuk tahun ini kita coba diluar kampus dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih nyaman, khidmat dan fokus,” katanya.

Rektor Uniga menambahkan, diantara capaian membanggakan yang telah diperoleh Uniga saat ini diantaranya memperoleh izin menyelenggarakan program pascasarjana Magister Manajemen melengkapi Program setingkat Pascasarjana yang telah ada.

Diantaranya jurusan Administrasi Negara, Manajemen Pendidikan Islam dan Profesi Apoteker. Setelah itu, Uniga memproyeksikan untuk mendorong berdirinya Program Magister Pertanian.

“Selain itu ditahun ini kita juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam kaitanya memberi kemudahan bagi lulusan yang ingin melanjutkan karir diberbagai perusahaan diantaranya Uniga melakukan MoU dengan PT. Cangshin reksa Jaya serta beberapa lembaga perbangkan,” katanya.

Untuk meningkatkan kualitas institusi kita juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi Luar Negeri diantaranya bulan kemaren kita melaksanakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Filipina dan Malaysia.

Terpisah, Ketua Pelaksana Wisuda Dr. Ijudin, M.Ag saat ditemui usai mengikuti prosesi wisuda mengungkapkan, untuk angkatan XXVI Gelombang 2 Tahun Akademik 2018-2019 Uniga mewisuda 268 lulusan diantaranya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berjumlah 21 lulusan, Fakultas Ekonomi 85 lulusan, Fakultas Pertanian 24 Lulusan, FMIPA 19 lulusan, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan 39 lulusan, Fakultas Ilmu Komunikasi 25 lulusan dan Program Pascasarjana 56 lulusan jadi jumlah keseluruhanya 268 lulusan.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor Uniga juga memberikan penghargaan kepada para lulusan terbaik kepada Annida dari dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan IPK 3,97, Asep Danurwenda Ismaya dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,93, Tazkia Nur Arifah dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,93, Ilvan Alvian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK 3,95, Rizky Maulana dari Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan dengan IPK 3,93, Nadya Dinda Putri dari Fakultas Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,94. Sedangkan untuk Program Pascasarjana penghargaan diberikan kepada Nurul Primadiati dengan raihan IPK 3,79. (rls/erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here