Tidak Diambil, Bonus Atlet dan Pelatih Bisa Hangus

199
Sekdispora Yusuf Sapari

RadarPriangan.com, GARUT – Rencana pemberian bonus sebesar Rp 900 juta dari Pemkab Garut melalui Dispora Kabupaten Garut terhadap sejumlah atlet dan pelatih berprestasi bisa berpotensi kembali masuk kas daerah, jika sejumlah pihak terkait enggan menerimanya.

Hal itu jika upaya penolakan bonus sebesar yang ditentukan Pemkab Garut tetap dilakukan oleh sejumlah pelatih maupun atlet.

“Kalau tidak diterima oleh atlet dan official ya harus dikembalikan ke kas daerah. Ini kan anggaran murni. Kecuali kalau nanti ditambah, nanti anggaran perubahan, dibagikannya pas anggaran perubahan, itu juga kalau ada,” kata Sekertaris Dispora Yusuf Sapari kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/4).

Menurutnya, jika tidak mau dikembalikan ke kas daerah, besaran uang Rp900 juta untuk bonus harus segera dibagikan semuanya baik untuk atlet atau pelatih Porda, Asian Games, Popda maupun Pospeda.

Yusuf mengatakan, sejumlah atlet dan pelatih dari Popda dan Pospeda mengaku siap menerima bonus yang diberikan Dispora pekan depan. Sementara yang lainnya belum ada komunikasi lebih lanjut.

“Untuk Popda dan Pospeda Insya Allah pekan depan, katanya mau,” katanya. 

Diberitakan sebelumnya, sejumlah insan olah raga yang berprestasi di Porda menolak pemberian bonus dari Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kabupaten Garut. 

“Alangkah baiknya Dispora berembug dulu lah,” kata Ketua Cabor Ikatan Sepeda Sports Indonesia, Rizal Syam, saat ditemui di kantor KONI Garut, kemarin. 

Pihaknya berharap, pemberian bonus kepada para atlet dan pelatih berprestasi tidak jauh berbeda dengan bonus ketika Porda di Bekasi. Dimana besaran untuk peraih emas Rp30 juta, perak Rp20 juta, dan perunggu Rp10 juta.

“Menurut informasi yang didapatkan, emasnya 30 juta, perak 9 juta, perunggu 5 juta. Ini sangat jomplang, kalau dibandingkan persentase dengan Asian Games, emas 1,5 miliar, perak 400 juta itu masih besar, ini kan tidak. Empat tahun berlatih mendapatkan perak bukan perjuangan yang mudah,” katanya. 

Untuk diketahui, kontingen Garut yang berangkat Porda XIII Jawa Barat dan meriah medali berjumlah 11 emas, 8 perak, 25 perunggu. Tidak hanya itu, pemberian bonus juga diberikan kepada tiga orang atlet silat yang meraih emas di Asian Games, Atlet Popda dan Pospeda yang berprestasi. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here