Tes CPNS Garut Kemungkinan Digelar di Tasikmalaya

31
Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Garut tengah melakukan verifikasi administrasi peserta CPNS Garut tahun 2019 (foto : istimewa)

GARUT – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kabupaten Garut kemungkinan digelar di Kota Tasikmalaya. Meski pelamar CPNS Garut paling banyak jika dibanding pelamar Kabupaten/Kota di wilayah priangan timur, belum adanya penunjang sarana dan prasarana untuk tes menjadi sebab Garut kesulitan menjadi tempat tes CPNS.

Sekretaris Daerah Garut, Deni Suherlan, menuturkan, jika pelaksanaan tes CPNS kemungkinan dilaksanakan di Tasikmalaya. Jika dilaksanakan di Garut, BKN kesulitan menyiapkan peralatan dan sumber daya manusianya.

“Pengelolanya kurang kalau tes di Garut. Jadi harus ke Tasikmalaya. Kami inginnya tes di Garut karena peserta paling banyak itu dari Garut. Cuma dari BKN enggak bisa,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris BKD Garut, Muhlis, mengatakan, Pemkab menginginkan lokasi tes berada di Garut karena jumlah pelamar yang mencapai puluhan ribu. Namun Badan Kepegawaian Nasional (BKN) hanya memiliki satu server untuk pelaksanaan tes di Priangan Timur.

“Servernya itu ada di Tasikmalaya. Kalau di Garut itu kesulitannya di server,” kata Muhlis.

Lanjutnya, tidak hanya persoalan ketersediaan komputer yang harus dipenuhi dengan jumlah sangat banyak, untuk pelaksanaan tes CPNS juga membutuhkan server untuk tes CPNS dan gedung yang besar.

“Komputernya juga butuh banyak. Tes yang sebelumnya saja ada 360 komputer. Dibagi dalam empat sesi per harinya. Yang 2000 peserta saja dulu butuh empat hari. Sekarang kalau 20 ribu bisa sampai 10 hari lebih,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here