Teror di 2 Masjid Selandia Baru, Ancam Toleransi Antarumat Beragama di Dunia

150

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Masyarakat Garut mengutuk aksi penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3), yang menelan korban jiwa 49 orang tewas dan 20 lainnya luka serius.

“Kami mengecam segala bentuk terorisme dan islamophobia, kami sangat bersedih atas peristiwa yang terjadi di Selandia Baru,” kata Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riana Abdul Azis, kepada RadarPriangan.com, Jumat (15/3).

Kasus tersebut kini menjadi sorotan dunia karena telah menelan korban yang sangat banyak. Rian menilai, aksi penembakan terhadap muslim di dua masjid berbeda itu mengancam toleransi antarumat beragama di dunia.

Pihaknya berharap, Pemerintah Indonesia bisa terlibat aktif untuk turut mengecam aksi tersebut. Selain itu, Indonesia pun harus turut serta melakukan investigasi terkait kasus tersebut. Mengingat adanya dua orang WNI yang turut menjadi korban.

“Pemerintah Indonesia harus turun tangan dan mengecam tindakan ini dan aktif dalam kasus ini. Kita juga perlu melindungi warga kita yang menjadi korban terorisme disana. Kami berharap semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi di belahan bumi manapun,” kata Riana Abdul Azis.

Menurutnya, insiden itu ini harus diungkap sampai tuntas, mulai motif pelaku melakukan penembakan tersebut hingga apakah aksi itu merupakan aksi murni individu atau terorganisir.

“Apalagi aksi biadab pelaku menyiarkannya secara langsung melalui media sosial. Ini harus diungkap sampai ke akarnya,” kata Riana

Hal senada diungkapkan Anisa Chairunnisa, salah seorang warga Desa Tanjung Kamuning, Kecamatan Tarogong Kaler. Aksi brutal terhadap entitas muslim di Selandia Baru sangat mencederai kerukunan umat beragama.

“Ini salah satu potret islamofobia di salah belahan dunia. Saya mengutuk keras aksi itu, mudah-mudahan aksi itu tidak terulang, apalagi kalau sampai terjadi di Indonesia, naudzubillah,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here