Tekan Pengangguran, Garut Siap Tarik Investor

191
Agus Ismail, sekretaris Bappeda Kabupaten Garut

RadarPriangan.com, GARUT – Jumlah pengangguran di Kabupaten Garut ditargetkan berkurang dari 9,27 persen saat ini menjadi 6 persen pada akhir 2024. Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Agus Ismail ketika ditanya soal RPJMD terkait kesempatan kerja.

“Perluasan lapangan kerja ada beberapa aspek, ada program investasi menarik penanaman modal. Kita juga adakan pelatihan, menyiapkan sumber daya manusia yang kompetitif dari kemampuan, keterampilan hingga pengetahuannya,” kata Agus Ismail yang juga akrab disapa Agis itu.

Setelah penyiapan kualitas SDM dan penarikan investor, Agis meyakini hal tersebut akan memperlebar ruang kesempatan lapangan kerja di Garut.

“Ketika sudah menyiapkan ruangnya, diharapkan ada investor datang membuka lapangan kerja. Di situ ada link and match-nya,” tambahnya.

Dengan penciptaan lapangan kerja akan berdampak pada pengurangan pengangguran. Dengan bekerja dan berpenghasilan, masyarakat memiliki kesempatan untuk meningkatkan taraf kehidupannya.

“Bekerja itu bisa aspek formal dan nonformal, yang penting berdaya saing, punya skill, berpengetahuan yang cukup, tidak hanya bisa berdaya saing di Garut, tapi di luar Garut bahkan luar negeri,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut, Teddy, mengungkapkan, jumlah pencari kerja di Kabupaten Garut mencapai 23 ribu pada tahun 2018.

Sementara itu untuk angka penyerapan tenaga kerja yang melamar ke sejumlah perusahaan di Garut baru sebesar 52,17 persen.

“Pencari kerja hingga akhir tahun 2018 berjumlah 23 ribu. Kami bisa menempatkan kemarin sekitar 12 Ribu,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here