Target Gemarilan belum Tercapai

63
Ngadimin, sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar

RadarPriangan.com, BANJAR – Target program gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di Kota Banjar hingga saat ini belum tercapai. Target 21 kilogram per tahun per kapita, hingga saat ini baru bisa hanya 19 kilogram saja.

“Kita ditargetkan oleh pemerintah provinsi sebesar 21 kg pertahun perkapita atau minimal setara dengan target nasional gemarikan,” kata Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar, Ngadimin, Rabu, (24/4/)

Ngadimin mengatakan, capaian target yang disarankan pemerintah provinsi dinilai cukup sulit karena berbagai faktor. Diantara faktor tersebut yang paling berat adalah daya beli masyarakat terhadap ikan.

“Kembali ke kemampuan masyarakatnya ya, karena salah satu kendala terbesarnya adalah kemampuan masyarakat untuk membeli ikan. Kadang bukan tidak mau, tapi faktor ekonomi,” katanya.

Ia menjelaskan, sasaran program gemarikan sendiri diprioritaskan bagi anak usia 5 hingga 10 tahun. Target tersebut sendiri karena melihat masa tersebut merupakan waktu pertumbuhan anak yang sedang produktif.

Disi lain, mengonsumsi ikan sendiri dianjurkan karena baik bagi kesehatan terutama untuk kecerdasan anak.

“Ikan baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak karena bergizi tinggi dan mencerdaskan otak anak. Meski taget belum tercapai tapi kita terus mendorong dengan menggalakan program ini ke masyarakat,” ucapnya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here