Taman Bunga Puncak Kalang Ramai Dikunjungi Wisatawan

204
Pengunjung Taman Bunga Puncak Kalang, berfoto dengan latar taman. (PEPEN APENDI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Desa Cinta, Kecamatan Karangengah saat ini memiliki tempat Wisata Desa Taman Bunga Puncak Kalang di kaki Gunung Candramerta, Kampung Patrol. Tempat wisata alami itu ditata dan dikembangkan oleh pengusaha sesuai nuansa Sunda.

Untuk menuju tempat wisata ini, pengunjung harus mengendarai kendaraan yang stabil karena kondisi jalanya turun naik. Kondisi jalannya sudah mulus dan diaspal. Meski sebelum tanjakan ragadiem, badan jalan becek akibat tergenang air.

Setiap hari libur tempat wisata Desa Taman Bunga Puncak Kalang Desa Cinta ini, selalu dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah terutama kalangan remaja.

Untuk menuju tempat wisata itu dari Pasar Sukawening, menyusuri jalan menanjak dan banyak tikungan. Bagi pengendara yang kali pertama menggunakan jalur jalan itu harus ekstra hati-hati. Betapa tidak, selain kondisi jalan turun naik juga lebar jalan sempit. Bila dua kendaraan roda empat berpapasan di tikungan, salah satunya harus mengalah berhenti memberi jalan kepada pengendara lainya.

Ketika memasuki persimpangan Patrol–Cimasuk, banyak wisatawan yang mendadak menghentikan kendaraannya. Karena kondisi jalan di tempat itu, menanjak dan menikung. Namun bagi pengendara yang sudah terbiasa menggunakan jalan itu, tak ada masalah. Justru menjadi tantangan tersendiri untuk menguji keterampilan pengendara melintasi kondisi jalan seperti itu.

Camat Karangtengah Dra Eti dan perangkatnya mengungkapkan, kondisi jalan menuju tempat wisata Taman Bunga Puncak Kalang memang menanjak dan banyak tikungan. Bila tak berani melintasi tanjakan di Persimpangan Cimasuk-Patrol dekat Desa Cinta, pengendara bisa menggunakan jalur Jalan Cimasuk yang tanjakannya agak ringan.

“Bagi pengendara yang baru pertama kali menggunakan jalur jalan menuju Tempat Wisata Taman Bunga Puncak Kalang, pasti ragu-ragu melihat kondisi jalan menanjak dan menikung. Padahal bila dilintasi, jalur jalan tersebut aman selama kondisi kendaraanya stabil. Apalagi kondisi jalan sudah mulus beraspal,” kata aparat Kecamatan Karangtengah, Minggu (16/6).

Tempat Wisata Desa Taman Bunga Puncak Kalang, saat ini banyak dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah. Di tempat wisata itu, disediakan wahana (sarana) spot selfi, rumah pohon, bebecek sawah, Bobo Si Kabayan, air pancuran dan dilengkapi tanaman beragam jenis bunga sesuai nuansa Sunda.

Wisata Taman Bunga Puncak Kalang, diyakini bakal berkembang pesat dan ramai dikunjungi wisatawan karena dikelola oleh pengusaha. Penataan dan penambahan sarana prasarana pun terus dilakukan untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung. Bahkan tak sedikit pengunjung yang datang berkali-kali, menikmati keindahan alam Taman Bunga Puncak kalang di kaki Gunung Candra Merta itu. (pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here