Tak Cukup Waktu, Belum Semua Jalan Bolong Ditambal

88
Jalan Cangkuang-Cikembulan kondisinya sudah lama rusak berat. (Dok. RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Uu Saepudin mengakui, masih ada jalan rusak atau bolong yang sampai saat ini masih belum diperbaiki.

Ia menyebutkan, sebelumnya memang sebelum lebaran kondisi jalan rusak atau bolong bolong itu sudah tuntas diperbaiki meski dengan cara ditambal.

“Memang ada kondisi jalan yang masih bolong-bolong di beberapa ruas jalan. Seperti di wilayah Karangpawitan, Tarogong Kaler, dan dibeberapa titik lainnya,” kata Uu, akhir pekan kemarin.

Pihaknya berdalih, tidak cukup waktu untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut sebelum lebaran. Termasuk perbaikan jalan ke beberapa lokasi wisata.

“Jadi begini, kita kan memperbaiki jalan rusak itu setelah musim kemarau tiba, dan tidak mungkin kita memperbaiki jalan pada musim hujan. Nah tahun ini berahirnya musim hujan, lalu tibanya musim kemarau, selanjutnya proses lelang hingga tibanya lebaran waktunya mepet. Jadi tidak cukup waktu,” kata Uu.

Namun begitu, lanjut Uu, perbaikan jalan akan tetap dikerjakan setelah lebaran ini. Ditanya, soal perbaikan jalan menuju Taman Satwa Cikembulan Kadungora, yang telah dijanjikan Bupati Garut sejak tahun lalu. Uu menegaskan, bahwa akses jalan ke Cikembulan dan sekitarnya akan diselesaikan secara bertahap.

“Sekarang kan sudah diperbaiki sudah disaeur pakai sirtu (pasir batu, red). Ya pasti akan diperbaiki, bertahaplah,” katanya.

Sementara itu, masyarakat Desa Cikembulan, Desa Neglasari, dan sekitarnya berharap akses jalan di sekitar mereka segera diperbaiki. Karena kondisinya sangat memprihatinkan.

“Jika musim hujan kondisnya licin dan seperti kubangan kerbau. Sementara itu ketika musim kemarau kotor dan berdebu. Jangan janji janji terus atuh kan jalan ini sering dilewati tamu dari luar Garut. Aku malu jadinya,” kata Rahman, 45, warga setempat. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here