Susu Kambing untuk Infeksi Paru

199
Monty Rakusen / Getty Images

RadarPriangan.com – Susu kambing sangat baik untuk kesehatan tubuh. Utamanya untuk infeksi paru-paru.

Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Asrini Safitri Husain MKes SpGK menuturkan, susu kambing baik karena mengandung nutrisi terbaik setelah ASI. Kandungan gizinya banyak, salah satunya mengandung sodium, fluorin, kalsium, dan fosfor.

Susu kambing sangat baik dikonsumsi orang dengan penyakit infeksi seperti paru-paru, asma, dan tuberkulosis.

Prinsipnya susu kambing sama dengan jenis susu lain. Mengandung makronutrien berupa karbohidrat, tinggi protein, dan lemak yang memang dibutuhkan oleh orang dengan penyakit infeksi, ungkapnya.

Susu kambing mempunyai kandungan asam lemak rantai pendek dan sedang serta rendah laktosa sehingga mudah untuk di cerna. Tidak membuat alergi dan diare.

Bagi yang anak-anak di usia 1 tahun ke atas serta lansia sangat baik mengonsumsinya. Kandungan kalsium yang tinggi juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, dr M Khidri Alwi MKes mengatakan, susu kambing mampu memperbaiki kondisi anemia, karena kandungan zat besi serta merangsang pembentukan hemoglobin.

Susu kambing juga baik bagi penderita asma, TBC, bronkitis, dan infeksi paru-paru, karena mengandung beberapa senyawa. Di antaranya, flourin, betasein yang baik untuk menghilangkan permasalahan pernasapan yang disebabkan oleh virus dan bakteri serta meningkatkan imunitas tubuh.

Mengonsumsi segelas susu kambing juga dapat menghilanhkan stres. Kandungan zinc dan magnesiumnya juga mampu memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Tidak Disarankan Bagi Penderita Hipertensi

Meski susu kambing sangat baik untuk kesehatan, Tapi tidak cocok untuk penderita hipertensi. dr Asrini Safitri Husain MKes SpGK menjelaskan, dalam satu cangkir susu kambing mengandung kalori tinggi. Yakni 168 dan lemak jenuh 6,5 gram dan 27 miligram kolesterol.

Lemak dan kolesterol yang cukup tinggi inilah yang membuat penderita hipertensi dan kolesterol tak dianjurkan untuk mengonsumsinya karena dapat membuat penyumbatan di pembuluh darah.

“Sebaiknya ganti dengan jenis susu kedelai saja,” ujarnya.

Susu kambing juga tidak dianjurkan bagi penderita alergi protein pada susu kambing, karena tentu dapat dengan cepat memunculkan gejalanya.

Pastikan yang dikonsumsi benar-benar susu kambing murni karena lebih banyak manfaat nutrisinya.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, dr M Khidri Alwi menambahkan, susu kambing juga sangat baik untuk produksi ASI. Bagi orang-orang dengan kondisi normal, bisa mengonsumsi susu kambing satu gelas sehari.

Dalam pemberian susu kambing pada anak-anak juga perlu memperhatikan apakah anak tidak mengalami alergi terhadap susu kambing.

“Susu kambing punya kandungan vitamin A, potasium dan niacin dibanding susu sapi. Perhatikan benar-benar agar agar susu kambing yang dikonsumsi adalah susu kambing murni,” ujarnya. (ind/dni/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here