Stapac Jakarta Juara IBL 2018/2019

185
Stapac Jakarta jadi juara di IBL 2018/2019 usai menundukkan Satria Muda Pertamina di gim kedua, Sabtu (23/3). (Dok IBL)

RADARPRIANGAN.COM, BANDUNG – Gelar juara Indonesian Basketball League (IBL) tahun ini akhirnya digenggam Stapac Jakarta. Gelar ini mereka raih setelah menang 74-56 atas Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta dalam laga kedua final di GOR C’Tra Arena, Bandung, Sabtu (23/3).

Hasil itu melengkapi kemenangan 79-68 yang diraih Stapac di laga pertama. Dengan demikian, Stapac memenangi rangkaian final dengan skor 2-0 atas Satria Muda.

Dengan torehan gelar ini, artinya Stapac telah merengkuh trofi gelar juara ke-13 sejak kali pertama mengikuti Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) 1988 silam. Saat itu mereka masih masih mengusung nama Asaba Jakarta.

Hasil positif ini juga memperbaiki rekor pertemuan klub yang kini dibesut Ziedrius Gibenas itu dengan SM di partai final. Mereka menang 4 kali dari 9 edisi.

Sesuai prediksi sebelumnya, duel kedua partai final ini berlangsung dalam tempo tinggi. SM yang dalam kondisi terjepit langsung menggebrak di kuarter pertama. Mereka memanfaatkan tinggi badan Dior Lowhorn untuk mengoptimalkan serangan ke area dalam.

Tribun C’Tra Arena sempat kerap bergemuruh ketika dua pemain beradu tembakan three point. Keduanya adalah Juan dari SM dan Abraham dari Stapac. Seluruh penonton bersorak ketika Stapac memastikan kemenangan 74-56 sekaligus menjuara IBL 2018-2019.

Pemain Stapac, Savon Goodman yang sempat tampil buruk paruh awal laga berhasil menyelesaikan pertandingan kedua final sebagai pengoleksi angka terbanyak Stapac lewat catatan dwiganda 20 poin dan 19rebound.

Goodman mendapat bantuan 17 poin dari Kendal Yancy, 14 poin dari Abraham Damar Grahita serta dwiganda 11 poin dan 10reboundmilik Kaleb Ramot Gemilang.

Sebaliknya, bagi SM pasokan angka terbanyak tetap datang dari Dior Lowhorn dengan 25 poin dan 20rebound, namun ia cuma dapat bantuan 15 poin dari Arki Dikania Wisnu. Statistik yang paling menjadi pembeda adalah pasokan poin dari bangku cadangan, Stapac punya 20, SM nol. (wsa/fin)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here