Siswa SMK Siap Tempuh UNBK

222
UNTUK HASIL TERBAIK: Siswa SMKN 1 Garut menggelar doa bersama menjelang pelaksanaan UNBK 2019. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019, sejumlah siswa kelas 12 mulai mempersiapkan diri agar bisa meraih hasil maksimal.

Fitritunnisa, salah seorang siswi kelas 12 jurusan Farmasi di SMKN 1 Garut, mengaku, sudah mempersiapkan segala hal untuk memuluskan ujian nasional, Senin (25/3) mendatang.

“Kita sudah persiapan ketika masuk kelas dua belas. Pelajaran yang diujiankan terus diasah, mulai dari ujian sekolah dan ujian-ujian lainnya,” tuturnya.

Selain belajar, upaya lain yang dilakukannya bersama siswi lainnya di SMKN 1 Garut yakni dengan menggelar doa bersama.

Kepala SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin, mengatakan, do’a bersama dilakukan agar para siswa bisa melaksanakan ujian dengan tenang, fisiknya sehat serta dimudahkan dalam menghafal.

“Kita harapkan peserta UNBK itu secara spiritual jiwanya tenang, fisiknya juga sehat, selain itu diberi kekuatan menghafal dengan penuh tanggung jawab dan benar,” kata Dadang.

Di sekolahnya, jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional berjumlah 752 orang.

Menurutnya yang juga merupakan ketua MKKS SMK menyebutkan, semua SMK di Garut sudah melaksanakan UNBK.

Dirinya menilai, fasilitas jaringan internet dan komputer yang ada di sejumlah sekolah SMK sudah siap. 

“Insya Allah tak ada kendala lagi kalau dari sisi teknis. Kami harap siswa jujur dan benar dalam menjawab soal. UN itu bukan salah satu syarat dari kelulusan, sekarang itu kelulusan sudah sepenuhnya ada di sekolah,” katanya.

Untuk Kabupaten Garut, UNBK tahun ini diikuti 24 SMK Negeri/Swasta dan LSP. Menurutnya, jumlah sekolah SMK Negeri/Swasta di Kabupaten Garut yang akan melaksanakan UNBK sebanyak 168 SMK, dari jumlah tersebut yang melaksanakan UNBK secara mandiri 130 SMK sedangkan 38 SMK bergabung ke Sekolah Induk. Jumlah peserta UNBK SMK Negeri/Swasta se Kabupaten Garut sebanyak 14.137 siswa, terdiri dari 8.094 siswa dan 6.033 siswi. Dengan jumlah pengawas sebanyak 711 orang. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here