Siapkan Posko Kesehatan di Tempat Rekapitulasi Suara

133
Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial

RadarPriangan.com, BANJAR – Untuk mengatasi masalah kesehatan petugas rekapitulasi, pihak KPU sudah melaksanakan upaya-upaya pencegahan, penanggulangan gangguan kesehatan dengan membuka posko-posko kesehatan di setiap kecamatan.

“Kami kemarin sudah komunikasi dengan pihak Pemkot, jadi hari ini sudah menyediakan posko kesehatan di masing-masing titik rekapitulasi plus juga kita minta supply vitamin untuk temen-temen yang sedang bertugas,” ungkap Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (23/4)

Danial berpesan kepada seluruh petugas yang sedang melaksanakan tugas baik PPK, PPS dan juga seluruh petugas yang sedang melaksanakan proses Rekapitulasi, untuk senentiasa menjaga kesehatan, mengingat proses pemilu masih panjang.

“Pesan kami tentu untuk teman-teman PPK, PPS agar tetap menjaga kesehatan jaga konsentrasi dan yang paling penting saya menyarankan kepada mereka untuk banyak minum supaya dehidrasi,” jelasnya.

Danial mengungkapkan, sampai hari ini, Rapat Pleno Relapitulasi Pemilu 2019 masih berjalan di tingkat kecamatan se-Kota Banjar, sesuai dengan tahapannya, rekapitulasi dilaksanakan di tiap kecamatan dari tanggal 18 sampai 4 Mei.

“Rekapiltulasi sampai sekarang masih berlanjut di tiap kecamatan, dalam perjalanannya kita mengamati ada keterlambatan, Karena untuk khusus di Kota Banjar itu kita tadinya dibuat dalam satu forum, sementara di regulasi ada ruang untuk dibuat sistem panel di masing-masing ada dalam 1 PPK,” ungkapnya.

Menurut Danial, proses rekapitulasi cenderung akan lebih cepat karena secara umum di kecamatan itu hanya merekapitulasi hasil-hasil dari TPS.

Namun demikian, Lanjut Danial, dirinya sudah mengamanatkanan ketentuan bahwa mereka harus patuh terhadap PKPU 4 2018 di pasal 22 ayat 2 salah satunya konteks transparansi.

“Transparansi itu dilakukan dalam bentuk Bagaimana tentang KPK nanti bisa mengakomodir seluruh masukan bahkan koreksi dari masing-masing saksi,” imbuhnya.

Danial menjelaskan, proses rekapitulasi sampai hari ini sudah masuk hampir 16 Desa/Keluarahan sekota Banjar.

“Ada berapa persen hasil pantauan kita yakni di kecamatan Pataruman sudah 6 Desa dari 8 desa, terus kecamatan Banjar sudah 4 dari 7 desa, kemudian Purwaharja 2 Desa, untuk Langensari hampir 4 Desa, mudah mudahan dalam beberapa hari ke depan bisa selesai,” jelasnya.

Danial berharap, proses Rekapitulasi tingkat PPK ini bisa berjalan lancar dan yang jauh lebih penting lagi akuntabe.

“Ya karena rekapitulasi PPK itu kan itu nanti Bagaimana mebangun dialog antara penyelenggara pengawas dengan saksi karena itu yang pihak-pihak yang terlibat, ada prinsip dialog yang dibentuk dibangun maka segera proses akuntabilitas transparansi soal data itu akan jauh lebih bisa dipertanggungjawabkan di antara pihak-pihak yang berkepentingan,” pungkasnya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here