Siap-siap! Buang Sampah Sembarangan bakal Didenda

161
Sampah dibuang warga secara sembarangan. Dinas LHKP akan melakukan tindak pidana ringan bagi warga yang membuang sampah sembarangan. (Dok. RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Tanggulangi masalah sampah di Kabupaten Garut yang tidak kunjung usai, Pemerintah Kabupaten Garut berencana memberlakukan sanksi bagi pelanggar kebersihan. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Guriansyah, kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin (11/6).

Menurutnya, untuk menjerat siapa-siapa yang melanggar, Pemkab Garut akan membentuk tim tindak pidana ringan (Tipiring). 

“Ke depan kita ingin berlakukan denda. Jadi miceun (membuang, red) sampah ka jalan, miceun sampah ke walungan bisa saja didenda 50 ribu sampai 500 ribu rupiah, bagaimana tingkat pelanggarannya. Kita akan membentuk tim Tipiring, disiplin kadang harus dipaksa terlebih dahulu,” kata Guriansyah. 

Upaya tersebut perlu koordinasi lebih lanjut dengan instansi lain, mulai dari Satpol-PP, pihak Polri dan TNI untuk dimasukan menjadi bagian tim Tipiring. 

“Kita berharap masyarakat bisa lebih sadar akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Bisa dimulai dengan hal kecil seperti kesesuaian dalam menempatkan sampah pada tempatnya, waktunya tidak lebih dari jam 6 pagi dan lainnya. Dengan demikian upaya penanggulangan masalah sampah bisa terurai lambat laun,” pungkasnya. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here