Sekalian Isi BBM, Pemudik Pilih SPBU sebagai Rest Area

41
SPBU Imbanagara Ciamis jadi lokasi favorit pemudik di jalur selatan untuk beristirahat. (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Selain mengisi bahan bakar, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selalu menjadi sasaran pemudik untuk beristirahat. Terutama SPBU yang memiliki banyak fasilitas. Di jalur selatan, tepatnya di Kabupaten Ciamis, SPBU Imbanagara selalu menjadi rest area favorit bagi para pemudik.

SPBU Imbanagara ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti toilet yang bersih, musola, food court atau rumah makan hingga mini market dan warung kecil. Ditunjang dengan parkiran yang luas dapat menampung puluhan sepeda motor dan mobil besar atau mobil kecil.

Karena lokasinya strategis berada tepat di jalan nasional III, SPBU ini selalu menjadi sasaran bagi berbagai perusahaan, untuk mendirikan posko mudik sekaligus menjual produknya.

Seperti yang terlihat pada H-6 Lebaran, Kamis (30/5/2019), sudah nampak berjejer tenda-tenda pos mudik. Bahkan disiagakan ambulance.

Terlihat puluhan pemudik bersepeda motor yang tengah beristirahat. Mereka kebanyakan berasal dari wilayah Bandung dan sekitarnya yang akan pulang kampung ke Purwokerto, Cilacap dan sekitarnya. Nampak beberapa mobil yang berasal dari Jakarta tengah beristirahat di SPBU itu.

Salah satu pertimbangannya selain lokasi strategis dan banyak fasilitas, pemudik menilai SPBU ini tepat berada di tengah antara Bandung-Cilacap atau di beberapa Kota di Jawa Tengah.

“Setiap tahun mudik naik motor, istirahatnya pasti di sini. Saya rasa lokasi SPBU ini pas untuk istirahat sekali di tengah, disini sekitar sejam lalu berangkat lagi,” ujar Mulyono, pemudik asal Bandung menuju Cilacap.

Pemudik lainnya, Winata, mengaku beristirahat di SPBU tersebut karena kebetulan bahan bakar sepeda motor yang dikendarainya akan habis. Melihat banyak yang sedang beristirahat, ia bersama isteri dan anaknya memutuskan untuk beristirahat sejenak.

“Berangkat dari Purwakarta tadi abis subuh, sengaja pilih mudik sekarang supaya tak terlalu padat di jalan dan bisa lama di kampung,” ungkap pedagang asal Banyumas ini.

Salah seorang pegawai SPBU Imbanagara, Linda Merinda membenarkan setiap tahun SPBU ini biasa menjadi rest area dan pilihan berbagai produk untuk mendirikan posko mudik lebaran.

“Setiap tahun, pemudik juga banyak yang sudah tahu istirahat disini sambil ngisi (bensin), apalagi nanti pas H-4 dan H-3, terutama sepeda motor. Di sini ada beberapa produk-produk yang mendirikan tenda, biasanya ada fasilitas, kalau sampo ada keramas gratis, ada juga pijat gratis. Jadi pemudik betah istirahat disini,” pungkasya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here