Puluhan Warga di Pangandaran Keracunan Makanan Hajatan

94
Ilustrasi: Dok. RADAR GARUT

RadarPriangan.com, PANGANDARAN – Puluhan orang di Desa Sindangjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran mengalami keracunan usai menyantap makanan dalam sebuah hajatan. Sampai Rabu (21/8) sore, belasan orang warga masih harus mendapatkan perawatan di Puskesmas Mangunjaya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Ciamis, AKP Risqy Akbar membenarkan peritiwa keracunan masal di Pangandaran. Ia mengaku bahwa pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap kasus yang menyebabkan 43 orang mengalami keracunan makanan tersebut.

“Penyidik dari Polres Ciamis dan Polsek Padaherang telah melakukan upaya penyelidikan. Kita juga meminta keterangan dari sejumlah saksi. Sisa makanan yang dikonsumsi oleh warga juga sudah kita amankan,” ujarnya, Rabu (21/8).

Sisa makanan warga, disebut Risqy akan diambil sampelnya untuk pemeriksaan laboratoris dan sudah diserahkan bahan makanannya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran untuk diperiksa di Labkesda Kabupaten Ciamis. Saat ini sendiri pihaknya masih menunggu hasil laboratorium.

Sementara itu Kepala Puskesmas Mangunjaya, Suharyanto menyebut bahwa total pasien akibat dugaan keracunan berjumlah 43 orang. Dari jumlah tersebut, 17 orang warga diantaranya harus menjalani rawat jalan di tempatnya. Namun ia pastika dalam peristiwa tersbeut tidak harus sampai ada pasien yang dirujuk ke RSUD Kota Banjar. “Seluruh pasien masih bisa ditangani di Puskesmas,” katanya.

Puluhan warga yang mengalami dugaan keracunan tersebut, kata Suharyanto mengalami pusing, mual, muntah, dan diare. Namun ia memastikan tidak ada yang sampai mengalami kritis, hanya mengalami dehidrasi akibat sering muntah dan buang air besar.

“Ii sidafatnya baru dugaan, belum bisa dipastika sakit akibat keracunan makanan. Kan sampel makanannya baru dikirim ke Labkesda di Kabupaten Ciamis. Hasilnya baru akan keluar dua pekan kemudian,” ucapnya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here