Polres Ciamis Tambah Kekuatan di 6 Titik Rawan Macet

42
Pemudik dengan sepeda motor saat melintasi jalan raya Ciamis. (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Polisi memprediksi puncak arus mudik yang melintas di jalur selatan Ciamis terjadi pada Minggu (2/5/2019) sore atau H-3. Ada 6 titik kemacetan di Ciamis yang menjadi perhatian. Satlantas Polres Ciamis siap menambah kekuatan di titik macet tersebut.

Enam titik macet tersebut tersebar di sepanjang jalur mudik Ciamis dari perbatasan Cihaurbeuti sampai Cisaga. Titik pertama di simpang empat Cihaurbeuti, titik kedua di simpang Sindangkasih terdapat aktifitas pasar dan arah keluar masuk ke Kota Tasikmalaya.

Di titik ini Polisi biasa melakukan rekayasa jalan dengan melakukan sistem one way bagi kendaraan yang menuju arah Bandung.

Titik ketiga di Imbanagara terdapat aktivitas pasar dan terdapat dua persimpangan jalur angkutan kota, sehingga ketika arus lalu lintas di jalan nasional padat akan terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang.

Titik keempat kawasan Alun-alun Ciamis pada sore hari. Karena selain merupakan jalan nasional, di tempat tersebut biasa digunakan warga Ciamis untuk ngabuburit dan buka bersama. Banyak kendaraan yang diparkir di badan jalan. Dan titik kelima di simpang Cisaga perbatasan Ciamis-Banjar.

“Titik macet di Sindangkasih, Cihaurbeuti, Kujang, Imbanagara, Alun-alun Ciamis dan Cisaga. Jadi di titik itu terdapat persimpangan kendaraan banyak keluar masuk, sehingga kendaraan di jalur utama tertahan sementara kondisinya ramai,” ujar Kasat Lantas Polres Ciamis Akp M Bima Gunawan, Minggu (2/6).

Guna mengatasi kemacetan parah di 6 titik tersebut, Polisi siap menambah kekuatan, memberdayakan Pos Gatur di sekitar lokasi rawan macet guna mengurai kemacetan. Termasuk menyiapkan tim urai di titik tersebut.

“Puncak arus mudik diprediksi Minggu sore ini, kami sudah siap guna mengantisipasi kemacetan. Tapi sejauh pemantauan peningkatan arus mudik tak begitu signifikan. Dibanding tahun lalu cenderung menurun, mungkin pemudik tahun ini memilih jalur utara,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto mengatakan arus lalu lintas di jalur Ciamis terus mengalami peningkatan. Sampai Minggu pagi ini berdasarkan data dari Posko Pemantauan Arus Lalu Lintas Dishub Ciamis, tercatat kendaraan yang melintas di wilayah Ciamis naik 14,4 persen.

“Pemudik yang menggunakan sepeda motor masih mendominasi, tujuannya itu dilihat dari nomor polisinya menuju daerah Cilacap, Banyumas dan sekitarnya,” pungkasnya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here