Pilkades Serentak di Ciamis Rawan Konflik

194

CIAMIS – Sebanyak 39 Desa dari 20 Kecamatan di Kabupaten Ciamis siap menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 18 Desember 2018 mendatang. Dinilai rawan terjadi konflik, 122 kandidat melakukan deklarasi damai Selasa (6/11) dan dihadiri Forkopimda Ciamis mulai dari unsur Polres, Kejaksaan dan Kodim 0613 Ciamis.

“Memang Pilkades lebih rawan konfik dibanding dengan Pilkada atau Pileg. Karena luang lingkupnya lebih kecil dan berdekatan sesama kandidat,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ciamis, Lili Romli, saat diwawancarai di Aula Setda Ciamis dalam acara deklarasi damai.

Dalam deklarasinya, para kandidat siap mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara aman, damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab. Mereka siap menjaga kondusifitas dan yang terpenting siap menang dan siap kalam.

“Harapannya Pilkades ini kondusif, tidak ada permasalahan. Dengan kedekatan antar sesama harusnya bisa lebih kondusif, karena setiap hari bertemu dan kekeluargaan sudah terjalin. Setelah ada yang terpilih bersama membangun desa,”tegas Lili.

Menurut Lili, sebetulnya di tahun ini harusnya ada 40 Desa yang ikut Pilkades serentak. Namun ada satu Desa yang sudah tiga kali pembukaan penerimaan calon tapi tidak ada yang mendaftar. Sehingga akan diikutkan pada periode berikutnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin meminta, dalam Pilkades serentak ini jangan diciderai dengan hal yang dapat mengganggu kondisifitas wilayah. Semua pihak harus menyiapkan diri dari berbagai aspek, mulai dari keamanan, ketertiban dan kelancaran.

“Jangan sampai berbeda pilihan menjadikan pertikaian. Semua pihak kerjasama menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing,”pungkasnya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here