Banyak Peserta Pemilu Langgar Aturan, Ribuan APK Ditertibkan

138
PELANGGARAN: Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful R menunjukkan ribuan APK yang ditertibkan karena dipasang di tempat yang bukan peruntukkannya. (ANGGORO/RADAR PRIANGAN)

BANJAR – Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful R mengimbau kepada para peserta Pemilu agar patuh terhadap peraturan di dalam masa kampanye ini, termasuk dalam pemasangan APK.

“Kami tidak akan melakukan penertiban apabila pemasangan APK sesuai dengan aturan yang ada,” terangnya saat ditemui di ruangannya, Senin (4/3/19).

Menurut Irfan, banyak APK ditertibakan oleh petugas gabungan dari Satpol PP dan Bawaslu Kota Banjar karena penempatanya tidak sesuai dengan peraturan, karena perihal penempatan sudah dipaparkan dalam peraturan.

“Berdasarkan pada UU No 7 2017, PKPU No 23 2018, SK Walikota Banjar, dan SK KPU Kota Banjar APK yang tidak sesuai pemasanganya akan di tertibkan,” imbuhnya.

Irfan menambahkan, jumlah APK yang ditertibkan mencapai 1.652 buah yang terdiri dari Kecamatan Banjar 831, Purwaharja 227, Kecamatan Pataruman 592, dan Langensari 2.

“Penertiban APK dilaksanakan satu hari, tanggal 26 Februari 2019, dan kami menyasar seluruh APK yang ada, baik itu Pilpres dan Pileg,” imbuhnya

Irfan menjelaskan, perihal penempatan pemasangan APK sudah Ia sosialiasasikan kepada peserta pemilu. Selain itu, lanjutnya, sebelum penertiban, pihak Bawaslu sudah menyampaikan surat teguran kepada peserta pemilu.

“Sebelum penertiban, kami sudah pernah melayangkan surat peringatan kepada peserta pemilu, namun tidak diindahkan, sehingga kami memberikan surat rekomendasi kepada Satpol PP untuk menertibkan APK yang melanggar,’ jelasnya.

Lebih lanjut Irfan menambahkan, APK yang ditertibkan pling banyak berbentuk baligo, banner dan spanduk. Selain itu, tambahnya, wilayah yang paling banyak pelanggaran APK di kecamatan Banjar.

“APK yang kita tertibkan pling banyak di trotoar, pohon dan tihang listrik,” ungkapnya.

Irfan menegaskan jika ada masyarakat yang halamanya dipasangi APK dan tidak menerima, Dirinya meminta kepada maayarakat agar segera melaporkan kepada petugas terdekat.

“Kalau ada halaman rumah milik warga yang dipasang APK dan tidak suka, segera laporkan, nanti kami akan tidak pelanggaranya, selain itu, saya minta masyarakat ikut abdil dan aktif dalam mengawasi jalannya proses pemilu 2019,” tegasnya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here