Peringatan KPU, Dilarang Bawa Kamera ke Bilik Suara

176
KPU Jawa Barat sosialisasi Pemilu di Kampung Pulo, Leles, Selasa (9/4) (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Para pemilih di Pemilu 2019 nanti dilarang membawa kamera atau alat perekam lainnya ke bilik suara.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Jawa Barat ketika melakukan sosialisasi di Kampung Adat Pulo Desa Cangkuang Kecamatan Leles.

“Memang dalam PKPU Nomor 3, handphone berkamera, atau kamera, atau alat perekam lainnya itu tidak boleh dibawa ke bilik suara. Di bawa ke TPS boleh, tapi tidak boleh dibawa ke bilik suara,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/4).

“Kenapa Tidak boleh di bawa ke bilik suara? Karena memilih bersifat rahasia,” tambahnya.

Namun, pihak tidak melarang pemilih untuk membawa handphone atau alat perekam lainnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun ketika hendak melakukan pencoblosan maka handphone disimpan di meja Ketua KPPS. “Seperti itu jadi di taroh di meja Ketua KPPS,” katanya.

Bagi pemilih yang membawa kamera, mengambil gambar atau merekam kegiatannya di TPS, maka yang bersangkutan akan diberikan peringatan berupa teguran oleh petugas di TPS.

“Sanksinya peringatan kepada pemilih tersebut. Di buku pemungutan dan penghitungan suara, itu ditulis dengan jelas. Nanti akan disampaikan pada saat rapat pembukaan pemungutan suara, disampaikan kepada pemilih mohon jangan membawa kamera ke bilik suara, mohon diminta kejujurannya,” pungkasnya. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here