Pengurus Daerah Merapat ke Bamsoet

60
Bambang Soesatyo

RadarPriangan.com, JAKARTA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar mulai terbuka memberikan dukungan kepada Bambang Soesatyo, ketua DPR RI untuk maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar pada musyawarah nasional (Munas) mendatang. Bamsoet pun mantap untuk bersaing merebutkan kursi pucuk pimpinan partai beringin.

Dukungan itu datang dari DPD II tingkat kabupaten/kota yang berasal dari empat provinsi. Yaitu, Provinsi Jawa Barat, Kepulauan Riau, Maluku, dan Papua Barat. Dukungan tersebut disampaikan kepada Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan kemarin (28/6). “Saya menerima dukungan dari kawan-kawan di daerah,” kata dia.

Bamsoet mengatakan, sebenarnya sudah lama mereka ingin datang ke Jakarta untuk memberikan dukungan. Namun, karena proses peradilan di Mahkamah Konstitusi (MK) belum selesai, dia pun meminta agar mereka menunggu terlebih dahulu. Namun, karena saat ini putusan MK sudah disampaikan, ia pun bersedia menerima dukungan dari sejumlah DPD tingkat II itu.

Mantan Ketua Komisi II itu mengatakan, ada lima poin yang menjadi harapan sejumlah pengurus DPD yang memberikan dukungan kepadanya. Yaitu, mereka berharap Partai Golkar tetap setia mendukung pemerintahan Joko Widodo yang kembali terpilih menjadi presiden 2019-2024.

Harapan yang kedua, pengurus daerah meminta agar tidak ada lagi kebijakan Partai Golkar di tingkat pusat yang diambil tanpa melalui mekanisme dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan peraturan organisasi.

Yang ketiga, tutur Bamsoet, pengurus daerah meminta tidak ada lagi pelaksana-pelaksana tugas (Plt) pimpinan partai di daerah. Bagi pengurus daerah, status Plt ini menjadi momok bagi mereka selaku pimpinan partai di daerah. “Partai harus bisa mengayomi daerah dan membina daerah sebagaimana fungsi pengurus pusat,” terangnya.

Keempat, pengurus daerah menghendaki pengurus partai lebih banyak diisi kader-kader muda demi menghadapi tantangan zaman. Menurut mereka, 60-70 persen pengurus semestinya anak-anak muda, dengan tetap mementingkan aspek prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela (PDLT).

Poin terakhir, legislator asal Jawa Tengah itu menerangkan bahwa para pengurus daerah berharap ketua umum hanya menjabat satu periode. “Saya sepakat dengan lima usulan yang disampaikan teman-teman daerah,” ungkapnya. Sehingga kaderisasi di partai terus berjalan dengan lancar, tidak macet, karena partai harus terus menerus melakukan penyegaran dan menyesuaikan dengan tantangan zaman.

Bamsoet pun meminta perwakilan DPD II yang mendukungnya untuk membuat pernyataan dukungan secara tertulis. Selain yang sudah hadir hari ini, tutur dia, ada sejumlah pengurus daerah lainnya yang menyatakan ingin datang memberikan dukungan. “Saya sampaikan, kalau ingin mendukung saya harus dilakukan secara tertulis, jangan hanya lisan. Saya yakin mereka betul-betul serius memberikan dukungan,” tuturnya.

Toto Sunanto, ketua DPD Partai Golkar Cirebon mengatakan, pihaknya mendukung penuh Bamsoet untuk maju sebagai calon ketua umum. Dia pun memuji kinerja Bamsoet. Dia berharap politikus yang juga pengusaha itu tidak melupakan DPD-DPD jika nantinya terpilih sebagai ketum. “Mudah-mudah di bawah kepemimpinan Pak Bamsoet, ajab terjadi perubahan di tubuh Golkar,” ucapnya. (lum/ful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here