Pengelolaan Sampah Harus Selesai di TPS

110
Sampah menumpuk di perkotaan karena tidak terangkut. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

Pemkab Akan Anggarkan Dana di Kelurahan

RadarPriangan.com, GARUT – Atasi masalah sampah di Garut, Pemkab menyiapkan anggaran penanggulangan sampah di tingkat kelurahan. Hal tersebut ditujukan agar produksi sampah tidak terlalu tinggi ketika dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirbajing.

“Tahun depan (2020) ada dana kelurahan, mungkin sekitar Rp10 juta untuk dana talang,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Jumat lalu (16/5).

Rudy menuturkan, persoalan sampah sudah menjadi perhatian khusus Pemkab Garut agar pengelolaannya optimal, dan tidak lagi terjadi penumpukan.

Menurutnya, persoalan sampah itu sudah seharusnya selesai di Tempat Pemungutan Sementara (TPS), namun saat ini selesainya hingga di TPA Pasirbajing.

“Terkait sampah ini nanti ingin ada di TPS itu selesai,” katanya.

Dirinya berharap, masalah sampah di Garut harus menjadi kesadaran masyarakat, dan pemerintahan tingkat kelurahan ikut berperan menyelesaikan sampah di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat maupun kelurahan yaitu dengan terlebih dahulu memilah-milah sampah organik dan anorganik.

“Lurah dan kepala desa jangan diam saja nanti bisa anggarkan dari ADD,” katanya.

Ia mengungkapkan, Pemkab Garut selama ini memiliki program dalam penanggulangan sampah di masyarakat, namun saat ini program itu belum berjalan sesuai harapan.

Ia mencontohkan salah satu program yang bisa dilaksanakan masyarakat yakni memanfaatkan sampah yang memiliki nilai jual dan memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Saya ingin sampah-sampah organik yang anorganiknya dipisah dimanfaatkan, selanjutnya nanti dijual,” katanya. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here