Pemohon Kartu Kuning di Ciamis Meningkat

81
Para pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja mengalami peningkatan seiring berakhirnya tahun ajaran. (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Pascalebaran dan berakhirnya tahun ajaran baru, pemohon kartu pencari kerja (AK1) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan. Pemohon kartu kuning ini naik 6 kali lipat dari hari biasa.

Sampai saat ini rata-rata pemohon mencapai 300 orang per hari. Padahal normalnya hanya 50 sampai 60 orang setiap hari. Seperti terlihat pada, Rabu (19/6/2019), ratusan pencari kerja memadati kantor Dinas Tenaga Kerja Ciamis. Umumnya mereka akan mencari kerja di kota besar. 

“Permintaan AK1 naik mencapai enam kali lipat dari hari biasanya, rata-rata 300 orang. Pada hari biasa paling banyak 50-60 orang yang membuat AK1,” ujar Kartika, kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis. 

Menurut Kartika, kondisi ini sudah diprediksi setiap tahun pascalebaran. Pencari kerja yang membuat AK1 selalu membludak. Pihak dinas sudah antisipasi dengan menyediakan blangko AK1 dengan jumlah banyak dan menambah layanan. 

“Pemohon kartu pencari kerja ini didominasi oleh lulusan SMK yang baru saja menerima ijazah dari sekolahnya,” ungkapnya.

Dikatakan Kartika, 80 persen para pencari kerja asal Ciamis yang membuat AK1 ini untuk mencari kerja di luar kota. Terutama kota industri seperti Karawang, Purwakarta, Bogor, Bekasi dan Jakarta, hanya sedikit mencari kerja di Ciamis. Karena lapangan kerja di Ciamis terbilang masih minim.

“Kebanyakan yang meminta AK1 diantar saudara atau keluarganya yang sudah bekerja di luar daerah. Saudaranya yang sudah bekerja, saling mengajak untuk ikut kerja di pabrik atau perusahaan tempat bekerja,” jelasnya.

Asep Yudi, 18, salah seorang pemohon kartu pencari kerja mengaku akan mencari kerja di Bekasi, ikut bersama saudaranya. Pertimbangannya, karena upah fi Bekasi dinilai lebih besar dibanding dengan Ciamis.

“Bikin kartu kuning untuk syarat melamar kerja di pabrik di Bekasi bareng saudara. Saya lulusan SMK jurusan teknik kendaraan, mudah-mudahan saya bisa segera kerja,” pungkasnya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here