PBSI Optimistis Juara Piala Sudirman 2019

133
Susi Susanti

RadarPriangan.com, JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), menyatakan, bahwa Indonesia memliki peluang untuk bisa meraih gelar juara dalam ajang Piala Sudirman 2019.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Achmad Budiharto mengatakan, komposisi 20 pemain yang akan diberangkatkan ke ajang perebutan lambang supremasi beregu campuran yang akan berlangsung di Nanning, China 19 hingga 26 Mei 2019 tersebut.

Menurut Budiharto, yang juga Ketua Kontingen Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 itu mengatakan, bahwa 20 pemain yang akan bertarung dalam ajang tersebut merupakan atlet-atlet bulu tangkis terbaik milik Tanah Air.

“Paling tidak, dengan komposisi pemain yang kami punya saat ini, peluang kita (tim Indonesia) terbuka untuk merebut kembali Piala Sudirman yang sudah 30 tahun singgah di berbagai negara,” tutur Budiharto dalam acara perayaan HUT ke-68 tahun PBSI di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/5).

Oleh sebab itu, Budiharto berharap 20 pemain yang terdiri dari 12 pemain putra dan delapan atlet putri itu mampu memberikan yang terbaik pada ajang tersebut.

“Targetnya semua pemain yang diturunkan bisa main semaksimal mungkin,” ujarnya.

Dari sektor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran PB PBSI membawa tiga wakil. Sedangkan untuk nomor tunggal putri Indonesia hanya mempersiapkan dua wakil yakni, Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani.

Berebeda dengan ganda putra, PBSI hanya mengirim satu wakil di sektor ganda putri yakni, pasangan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Namun, PBSI juga menyiapkan Ni Ketut Mahadewi Istirani yang kemungkinan besar diturunkan untuk berpasangan dengan Greysia atau Apriyani.

Budiharto mengatakan, dalam ajang tersebut pihaknya mengandalkan di tiga nomor yakni, ganda putra, tunggal putra dan ganda campuran. Namun, tidak menutup kemungkinan. Ia mengaku, bahwa ganda putri dan tunggal putri juga bisa memberikan kejutan pada ajang tersebut.

“Nomor ganda putri sebenarnya bisa dibilang andalan, meski kami hanya membawa satu pasangan tetap yaitu Greysia/Apriyani. Hal itu karena penampilan mereka yang paling stabil. Namun, kami juga berharap akan ada kejutan dari nomor tunggal putri,” terang Budiharto.

“Pada intinya, kita semua bertekad untuk memberikan yang terbaik demi membawa pulang Piala Sudirman ke Indonesia,” sambung Budiharto seraya menjelaskan bahwa tim Indonesia kali ini diyakini lebih solid dan siap.

Optimisme Indonesia pada ajang teresbut juga dikatakan oleh kapten tim Merah Putih, Hendra Setiawan. Sama halnya dengan Budiharto, optimisme Hendra itu tak lepas dari skuat Indonesia yang dinilainya memiliki kemampuan yang cukup mumpuni di ajang kali ini.

“Semuanya bisa saja terjadi di pertandingan. Apalagi ini pertandingan beregu, hasilnya sangat sulit untuk ditebak. Namun, kami semua di tim harus optimis terlebih dahulu,” tuturnya.

Sementara itu, manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti memastikan bahwa kondisi para atlet Indonesia dalam posisi siap bertarung. Ia mengatakan, saat ini tim masih mematangkan program latihan sebelum berangkat ke ajang tersebut.

“Persiapan tim hingga saat ini berjalan dengan baik, seluruh atlet siap bertarung dan siap memberikan yang terbaik. Namun, mereka masih ada beberapa program latihan serta pemberian motivasi agar seluruh atlet bisa bersemangat dan berprestasi saat tampil di Piala Sudirman 2019,” jelas Susy.

Di tempat yang sama Ketua Umum PP PBSI, Wiranto meminta agar masyarakat Indonesia memberikan dukungan dan doa untuk tim yang akan berjuang di Piala Sudirman 2019.

“Kami mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar atlet-atlet kita yang berjuang di Tiongkok, mudah-mudahan dapat membawa kembali Piala Sudirman ke Indonesia,” tegasnya.

Seperti diutarakan Susy, sampai saat ini tim Indonesia terus menjalani program latihan. Rencanaya, tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 akan bertolak ke Nanning, China, pada Rabu (15/5) mendatang. (gie/der/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here