Operator Seluler Tatap Jaringan 5G

63
trend digital

RadarPriangan.com – Operator seluler mulai menjajaki jaringan 5G. Uji coba infrastruktur mulai dilakukan.

PT Smartfren Telecom Tbk misalnya, sudah mempersiapkan diri untuk mencoba jaringan teranyar yang niscaya bakal diaplikasikan yakni 5G. Rencananya uji coba 5G bakal dilaksanakan di Marunda, Jakarta Utara.

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys, mengemukakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu dilakukan. Di antaranya izin percobaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Persiapan lainnya perjanjian kerja sama dengan vendor, scenario trial, desain dan perincian perangkat yang dibutuhkan, izin tempat, dan delivery barang-barang dan izin impor barang.

“Kami belum menghitung seberapa besar nilai investasi untuk percobaan 5G tersebut. Kami kerja sama perusahaan manufaktur telekomunikasi asal Tiongkok, ZTE,” ungkapnya, kemarin.

Sementara, Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto menambahkan, pihaknya saat ini masih harus menyiapkan beberapa hal terkait jaringan 5G. Salah satunya adalah kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G.

“Kami menunggu izin dari pemerintah terkait tahapan komersialisasi 5G di kemudian hari,” imbuh Iskriono.

PT Hutchison 3 Indonesia juga sudah menyiapkan jaringan 5G. Namun operator Tri ini belum memastikan jadwal implementasi

5G di Indonesia. Pasalnya, implementasi 5G masih bergantung regulasi yang akan ditetapkan oleh Kemkominfo.

“Infrastruktur telekomunikasi 5G kami ready,” ujar Arum K Prasodjo, DGM Corporate Communication Tri Indonesia.

Tiga operator besar, PT Indosat Tbk (ISAT), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang lebih dulu menggelar ujicoba jaringan 5G. Telkomsel, misalnya, telah memperkenalkan teknologi 5G pada event Asian Games 2018 dan Mobile World Congress 2019 di Barcelona. Selain itu, mereka terus mematangkan jaringan 5G dengan partner Cisco dan Huawei. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here