Nguriling Kota Tasik dengan “Ngulisik”

202
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Istri mencoba menaiki Bus Pariwisata ‘Ngulisik’ yang baru saja diresmikan untuk menambah daya tari Kota Tasikmalaya. (istimewa)

RadarPriangan.com, TASIKMALAYA – Untuk mendorong peningkatan pariwisata di Kota Tasikmaya, Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil (Emil) bersama Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman meresmikan bus di Taman kota, Minggu (21/4/19).

Dia mengatakan, bus tersebut diberi nama Ngulisik yang artinya Nguriling Kota Tasik. Bus ini diharapkan menjadi penanda kebangkitan pariwisata di Kota Santri.

Menurutnya, selama ini Pemda Provinsi Jawa Barat juga memberikan hibah bus pariwisata yang serupa ke seluruh kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. Sehingga, Bus Nguliksik tersebut bisa mengubah wajah pariwisata di Kota Tasikmalaya.

“Insyaallah ini (bus Ngulisik) mengubah wajah pariwisata di Kota Tasik,” kata Emil kepada wartawan.

Dia berharap, keberadaan bus ini harus dapat mengubah pariwisata Tasikmalaya, sehingga orang jadi lebih tertarik untuk mengunjungi Kota Tasikmalaya dengan berkeliling menggunakan Bus Nguliksik.

Di acara peresmian yang turut dihadiri istri Gubernur, Atalia Praratya, dan istri Wali Kota Tasikmalaya, Sekda Kota Tasikmalaya, dan jajaran pejabat terkait di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

Emil meminta Wali Kota Tasikmalaya harus menambah Bus Nguliksik tersebut dengan mengkaji sesuai kebutuhan.

“Tolong dikaji butuhnya (bus pariwisata) berapa untuk (kebutuhan) yang ideal, nanti setengah (kebutuhan) dari saya (Pemda Provinsi Jawa Barat) dan setengahnya lagi dari Pemkot Tasik,” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya bus pariwisata di setiap kabupaten/kota di Jabar bisa segera mewujudkan visi dan misi Pemda Provinsi Jabar, khususnya di bidang pariwisata. Karena Emil berkomitmen untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

Pada kesempatan ini, Emil menambahkan bahwa pihaknya akan mendorong generasi milenial Tasikmalaya agar semakin kreatif. Untuk itu, pada tahun ini akan dibangun gedung pusat kreatif atau Creative Center di Dadaha, Kota Tasikmalaya.

“Tahun ini kita mulai membangun creative center di Dadaha, agar milenial Tasikmalaya bisa bersaing di era saat ini,” katanya.

Usai diresmikan, Emil bersama Atalia dan rombongan langsung menjajal Ngulisik untuk berkeliling Kota Tasikmalaya. Ada beberapa titik lokasi wisata yang dikunjungi Emil, seperti Situ Gede, Dadaha, serta beberapa tempat infrastruktur publik lainnya di Kota Tasikmalaya. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here