Minum Jus Seledri, Apa Ada Efek Sampingnya? Ini Menurut Ahli

156

RADARPRIANGAN.COM Era media sosial memang membuat warganet terinspirasi melakukan sesuatu yang sedang tren atau viral. Salah satunya minum jus seledri. Jika hanya ikut-ikutan tanpa mengetahui manfaatnya lebih jauh, tentu hasilnya tak akan efektif.

Sebab menurut para ahli, minum jus seledri yang diklaim dapat memberi efek positif bagi kesehatan belum teruji dalam penelitian. Belum ada bukti ilmiah yang terverifikasi.

Konsultan Dermatologis dan Juru Bicara British Skin Foundation Emma Wedgeworth mengatakan meminum setengah liter jus seledri dengan perut kosong seperti yang disarankan para selebriti ternyata berdampak negatif pada kulit. Jika diminum dengan perut kosong dan berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, dapat berkontribusi pada tanda-tanda awal penuaan dan meningkatkan risiko kanker kulit.

“Seledri diketahui mengandung psoralens yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari,” ungkapnya seperti dilansir dari Woman’s Health, Jumat (5/4).

Menurutnya, jika Anda minum banyak jus seledri dan duduk di bawah sinar matahari, mungkin ada reaksi di kulit. Hal itu juga dapat meningkatkan penuaan dan risiko kanker kulit.

Memang, seledri mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Hanya saja banyak ahli kesehatan tidak merekomendasikan untuk mengonsumsinya dalam bentuk cair atau minuman setiap hari.

Ahli Diet Natalie von Bertouch menilai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan minum jus seledri akan memiliki manfaat kesehatan seperti yang dikatakan masyarakat. Baginya jus seledri memang aman untuk diminum tetapi bukan sebagai makanan super.

Efek lainnya, mengkonsumsi seledri dalam bentuk jus juga menghilangkan banyak seratnya. Ini juga dapat berdampak negatif pada orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah (antikoagulan) karena kandungan vitamin K yang tinggi dapat mempengaruhi pembekuan darah.

“Saya memilih untuk makan seledri daripada meminumnya. Konsumsi seledri aman tetapi manfaatnya tidak sebagus yang terlihat. Maka diet terbaik adalah konsumsi gizi seimbang setiap hari,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here