Magang di BUMN, 9000 Mahasiswa Jajal Dunia Kerja Profesional

93
Rini Soemarno

RADARPRIANGAN.COM, TASIKMALAYA – 9000 mahasiswa di 2019 ini akan diikutsertakan dalam program mahasiswa magang berserifikat (PMMB) Kementerian Badan Udaha Milik Negara.

Program yang dirintis sejak 2018 tersebut, bertujuan unyuk mengembangkan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa  menjajal dunia kerja secara profesional.

“PMMB didesain untuk membantu menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang siap bekerja dan mampu bersaing. Adapun, waktu pelaksanaan PMMB minimal enam bulan dan programnya diakui sebagai bagian dari SKS mahasiswa di kampus masing-masing,” kata Menteri BUMN, Rini Soemarno kepada wartawan usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Rabu (20/3).

“Tahun 2018 BUMN sudah punya PMMB dan berlangsung sukses. Kami ingin lebih banyak lagi mahasiswa dan universitas yang ikut program ini,” katanya.

Rini menyebut, selain memberikan kesempatan mahasiswa mengenal dunia usaha, PMMB menjadi langkah nyata link and match kurikulum yang ada di perguruan tinggi. Dengan begitu, mahasiswa yang lulus nantinya akan sesuai dengan kebutuhan industri.

Ia mengatakan bahwa program tersebut sangat positif karena mahasiswa secara langsung bisa mendapatkan pengalam kerja yang nyata di dunia industri. Selain itu juga mahasiswa bisa mendapatkan sertifikat kompetensi dan indutri.

Selain itu, lulusan PMMB juga mendapatkan kesempatan pertama jika ada program perekrutan di BUMN. Dengan begitu ia berharap agar program tersebut menjadi langkah strategi dalam meningkatkan kualitas lulusan PTN/PTS yang terjun langsung di industri dan menerapkan ilmu yang telah diperolehnya di lingkungan pendidikan.

“Kementerian BUMN pun menargetkan jumlah mahasiswa magang di akhir tahun 2020 sudah mencapai 20.000 dan tersebar di 143 BUMN di seluruh Nusantara,” kata dia.

PMMB sendiri, disebutkan Rini, kali pertama dilakukan 20 Mei 2018 dan telah menyerap 1.687 mahasiswa dari 28 PTN/S yang magang di 40 BUMN.

Pada 2019, Rini menargetkan sebanyak 9.000 peserta magang dari 231 perguruan tinggi yang akan dilaksanakan dalam 2 batch, di mana pada batch-1 BUMN telah membuka 4.280 posisi di 113 BUMN. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here