Liga 1 Musim 2019 Janjikan Kompetisi Lebih Baik

165
Launching Liga 1 Indonesia di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). (FIN)

RadarPriangan.com, JAKARTA – Sebanyak 18 klub sepak bola Tanah Air bakal memulai pertarungannya di ajang Liga 1 Indonesia musim 2019. Kompetisi yang bakal dimulai pada Rabu (15/5) dan akan berakhir hingga Desember 2019, mendatang itu bakal menyajikan 306 pertandingan.

Guna menyajikan kompetisi yang lebih baik dari sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) serta PT Liga Indonesia baru (PT LIB) berjanji bakal lebih bekerja keras lagi.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Iwan Budianto. Ia mengatakan, meski hal tersebut tidak mudah untuk dilakukannya, namun ia berjanji akan lebih bekerja keras demi mewujudkan kmpetisi yang lebih baik.

“PSSI bangga dan bersyukur bahwa kick-off Liga 1 Indonesia musim 2019 akan segera bergulir pada 15 Mei dengan ditandai laga pembukaan antara PSS Sleman menghadapi Arema FC,” ungkap Iwan dalam acara peluncuran Liga 1 Indonesia musim 2019 di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/5) kemarin.

“Kami akui musim ini tantangannya lebih berat dibandingkan dengan musim sebelumnya. Untuk itu, PSSI, PT LIB dan klub akan bekerja keras demi mewujudkan kompetisi yang lebih baik,” sambung Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, hal tersebut tidak akan bisa dicapai tanpa adanya dukungan dari insan sepak bola di Tanah Air. Oleh sebab itu, ia meminta kepada para klub, suporter serta para pecinta sepak bola Tanah Air dapat mendukung agar Liga 1 Indonesia 2019 berjalan lebih baik.

“Kami sangat berharap klub, suporter dan semuanya saling mendukung demi suksesnya kompetisi musim ini. Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu bergulirnya kompetisi musim ini,” imbuhnya.

Harapan terciptanya kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 untuk lebih baik lagi juga diutarakan oleh Direktur Intern PT. LIB, Dirk Soplanit. Ia juga berharap dapat menjanjikan persaingan yang lebih bersih, kompetitif, dan fair play.

“Kami juga berharap bisa menyajikan kompetisi yang bersih, kompetitif, fair play dan menjadikan hiburan yang berkelas bagi seluruh penikmat sepakbola nasional,” tegas Dirk di tempat yang sama.

Pada kesempatan itu, Dirk juga resmi mengumumkan bahwa Liga 1 Indonesia 2019 akan bersponsor utama Shopee. Ia mengatakan, sebelum pengumuman resmi Shopee Liga 1, ada proses panjang yang dilakukan untuk menentukan. Ia berharap, kesepakatan kerja sama tersebut menjadi tolak ukur piahaknya untuk bisa menjalankan kompetisi lebih baik lagi.

“Setelah proses yang panjang, kami sepakat dengan Shopee sebagai sponsor utama Liga 1 2019. Kami berharap kesepakatan ini menjadi tonggak untuk menuju prestasi dan tolok ukur yang lebih berkualitas, jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya,” terangnya.

Jaminan persaingan yang lebih bersih, kompetitif, dan fair play juga dijanjikan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, selaku pihak federasi sepakbola tertinggi di Tanah Air.

Ia bahkan menjanjikan Liga 1 2019, bisa masuk dalam jajaran lima kompetisi sepakbola terbaik di Asia.

“PSSI punya target, tidak hanya mengantarakan timnas Indonesia menuju Olimpiade 2024 dan 2022 nanti, tapi kita juga berharap bisa mengantarakn liga kita ada di top 5 Asia. Kita bisa bersinergi dari dukungan seluruh pihak, termasuk pemerintah dan sponsor, ucap Tisha.

Harapan yang sama juga dinanti oleh pemarintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, pihaknya mengaku tidak hanya kompetisi yang bisa berjalan dengan baik, namun ia juga mengharapkan kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 berjalan transparan dalam pengelolaan keuangan karena hal itu adalah menjadi prioritas.

“Kami berharap liga ini berjalan lebih baik, baik dari skill permainan dan keuangan agar transparan pendistribusian pendapatan sponsor, operatornya (PT LIB) dan yang tidak kalah penting jangan ada pengaturan skor karena ujungnya adalah kepercayaan masyarakat,” tegas Gatot di acara tersebut.

Di sisi lain, Presiden Komisaris SEA Grup, Pandu Sjahrir selaku sponsor utama menjelaskan bahwa ketertarikan Shopee terlibat dalam sepak bola Indonesia, punya tujuan untuk membantu menciptakan iklim sepak bola yang lebih profesional.

“Dalam kesempatan ini kami ingin menegaskan bahwa Shopee mendukung penuh perbaikan sepak bola Indonesia dengan menjadi sponsor utama Liga 1 2019. Semoga dengan dukungan Shopee, sepak bola Indonesia bisa menjadi lebih baik,” turu Pandu di kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, Liga 1 Indonesia musim 2019 akan dimulai pada Rabu, 15 Mei 2019, besok. Laga antara PSS Sleman menghadapi Arema FC akan menjadi pembuka kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut pada pukul 20.30 WIB.

Nantinya, dari total 306 pertandingan di Liga 1 Indonesia 2019, sebanyak 160 laga akan disiasrkan secara eksklusif di salah satu televisi swasta Indosiar. Sedangkan, 76 laga lainya akan tayang di O’Channel. (gie/fin/wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here