Lebih dari 50 Wanita di Harikukun Hidup Menjanda

50

RadarPriangan.com, GARUT – Kampung Harikukun, RW VI, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, termasuk kampung yang jumlah penduduknya padat dan banyak. Kampung itu terdiri dari 5 RT. Karena warganya cukup banyak, jumlah janda pun paling banyak dibanding kampung lainnya. Meski banyak wanita yang menjanda, warga setempat enggan kampungnya dijuluki kampung janda.

Kepala Dusun Desa Cibatu Endang Solihin yang sempat menjadi Ketua RW VI Kampung Harikukun, Rabu (14/8) menyebut jumlah janda di Harikukun lebih dari 50 orang. Mereka menjadi janda dengan berbagai faktor penyebab. Tak sedikit yang dditinggalkan begitu saja oleh suaminya.

Penyebab lainnya di Harikukun banyak janda, kata Endang, ditinggal mati oleh suaminya. Tak sedikit yang bercerai dengan suaminya. Suami yang meningalkan janda warga Harikukun, hampir semuanya sudah menikah lagi. Sedangkan janda yang ditinggalkannya, memilih tidak menikah lagi karena harus mengurus anak.

“Saudara saya pun ada tiga orang janda yang ditinggalkan begitu saja oleh suaminya. Mereka meninggalkan istrinya karena menikah lagi dengan istri lainnya di luar Harikukun,” ungkap Endang Solihin.

Menurutnya, banyaknya jumlah janda di Harikukun sulit dicegah. Karena persoalan itu merupakan persoalan pribadi (keluarga). Untuk meminimalisir bertambahnya janda di Harikukun, para janda sering mengikuti pengajian termasuk pengarahan dari tokoh masyarakat tentang pentingnya membangun rumah tangga yang sakinah, mawahdah warohmah.(pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here