Lapangan Pekerjaan Lebih Banyak Serap Perempuan

139
Teddy, kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut

Perputaran Uang Gaji Swasta di Garut Capai Rp67 Miliar

RadarPriangan.com, GARUT – Jumlah pencari kerja di Kabupaten Garut mencapai 23 ribu dalam satu tahun. Hal tersebut berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut pada 2018 lalu.

Sementara itu, untuk penyerapan tenaga kerja yang melamar ke sejumlah perusahaan di Garut baru sebesar 52,17 persen.

“Pencari kerja hingga akhir tahun 2018 berjumlah 23 ribu. Kami bisa menempatkan kemarin sekitar 12 Ribu,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Garut, Teddy kepada Radar Garut.

Menurutnya, jumlah penyerapan tenaga kerja terjadi perluasan pada sektor garment. Hal tersebut akan terus terjadi pada tahun selanjutnya lantaran beberapa perusahaan garment lainnya akan berdiri di Garut.

“Loker itu di bidang garment seperti PT Hoga mau dibuka yang di Leles, Limbangan sedang dibangun dua perusahaan,” ujarnya.

Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Garut, pihaknya memprogramkan untuk bisa menempatkan 20 ribu pekerja.

Menanggapi kecenderungan penerimaan perempuan sebagai tenaga kerja di Garut, Teddy mengungkapkan pihaknya tengah berupaya melakukan penyesuaian agar perusahaan bisa menerima pekerja laki-laki lebih banyak.

“Memang rata-rata menyerap (tenaga kerja, red) perempuan,” katanya.

Menurutnya, rata-rata perputaran uang untuk gaji dari 150 perasaan di Garut saat ini mencapai Rp67 miliar per bulan. “Kalau menambah (perputaran uang gaji, red), IPM Garut bisa meningkat,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here