KPU Siapkan Penetapan

63
Arief Budiman, ketua KPU

RadarPriangan.com, JAKARTA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih punya satu pekerjaan rumah setelah putusan MK dibacakan tadi malam. Yakni, menetapkan secara resmi Joko Widodo dan KH Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 20192024. Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018, penetapan paslon terpilih pascaputusan MK wajib dilakukan maksimal tiga hari setelah putusan dibacakan.

Ya, tadi malam tujuh komisioner KPU langsung menggelar rapat pleno di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. “Kami akan ikuti ketentuan yang ada di dalam undang-undang,” kata Ketua KPU Arief Budiman.

Dia menuturkan, KPU bekerja dengan menggunakan hari kalender. Karena itu, Minggu (30/6) adalah batas waktu bagi KPU untuk menyikapi putusan MK.

“Kami akan menentukan kapannya untuk menetapkan pasangan calon terpilih,” lanjut mantan komisioner KPU Jatim itu.

Diprediksi, penetapan dilakukan Minggu mendatang. Sebab, tadi malam Jokowi langsung bertolak ke Osaka, Jepang, untuk menghadiri KTT G20. KTT tersebut diagendakan berlangsung selama dua hari, yakni hari ini dan besok (29/6).

Arief menjelaskan, pada dasarnya, tidak ada kewajiban bagi paslon terpilih untuk hadir saat penetapan. Namun, KPU tetap mengundang keduanya dalam agenda penetapan tersebut. Paslon terpilih akan ditetapkan dalam forum rapat pleno terbuka. Penetapan tersebut akan dituangkan dalam surat keputusan KPU.

Setelah penetapan, KPU mempersiapkan pelantikan Jokowi-Maruf sebagai presiden-wakil presiden terpilih. Sesuai dengan jadwal, pelantikan dilangsungkan pada 20 Oktober 2019.

Sementara itu, setelah menyampaikan pidato politiknya, Jokowi dan rombongan bertolak ke Jepang dari Pangkalan Udara TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ada tiga isu utama yang diangkat Indonesia dalam forum G20. Yakni, ekonomi dan keuangan global imbas perang dagang, inovasi pengembangan ekonomi digital dan artificial intelligence, serta penanganan kesenjangan kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan, dan pemberdayaan perempuan di dunia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, ada empat sesi yang digelar di forum G20. Presiden Jokowi dijadwalkan berbicara sebagai lead speaker pada sesi tentang inequality, pendidikan, infrastruktur, SDGs, serta ekonomi digital. “Setiap kepala negara dapat dua sesi bicara,” ujarnya.

Di sela kegiatan G20, Jokowi dijadwalkan menggelar sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Hingga Rabu (26/6), sudah ada 16 permintaan pertemuan bilateral.

Di tempat terpisah, tepatnya setelah MK membacakan putusannya, Prabowo langsung menyampaikan pidato politik di kediamannya, Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Prabowo didampingi Sandiaga Uno dan perwakilan partai pendukungnya.
Prabowo menegaskan bahwa dirinya menerima dan menghormati keputusan MK.

Dia mengakui bahwa keputusan tersebut mengecewakan dirinya maupun semua pendukung Prabowo-Sandi. Namun, Prabowo menegaskan bahwa dia sudah berkomitmen untuk mematuhi jalur konstitusi.

Prabowo juga mengungkapkan bahwa dirinya akan bertemu dengan tim hukum. Prabowo akan membicarakan apakah masih ada langkah hukum yang bisa dilakukan setelah putusan MK.

Koordinator Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, menjelaskan bahwa hari ini Prabowo akan mengumpulkan semua petinggi parpol koalisi di kediamannya di Kertanegara. Pertemuan itu akan membahas langkah apa yang akan mereka tempuh.

“Karena Pak Prabowo tidak pernah memutuskan semuanya sendiri,” ucap Dahnil setelah pidato Prabowo tadi malam.

Mengenai rencana silaturahmi antara Jokowi dan Prabowo, Dahnil mengaku tidak bisa memberikan kepastian. Namun, Prabowo sangat membuka diri untuk bersilaturahmi dengan siapa saja. (tim/ful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here