KPU Garut Pertimbangkan Penambahan TPS

100

Langkah Antisipasi Relokasi Korban Banjir Bandang Cimanuk dan Reaktivasi Kereta Api

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut mempertimbangkan penambahan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Penambahan tersebut untuk mengantisipasi warga terdampak bencana banjir sungai Cimanuk dan reaktivasi rel kereta api Cibatu-Cikajang.

Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri menyebutkan, pertimbangan penambahan TPS merupakan langkah antisipasi banyaknya warga korban terdampak bencana banjir sungai Cimanuk yang direlokasi ke lokasi baru.

Selain itu, kemungkinan juga banyak warga direlokasi akibat program reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut Kota. Mereka merupakan warga yang selama ini menghuni bantaran rel kereta api di sepanjang lokasi pembangunan reaktivasi jalur tersebut.

Basri menyebutkan, untuk memastikan perlu tidaknya penambahan TPS bagi warga korban bencana yang direlokasi, rencananya KPU akan melakukan kunjungan ke lapangan untuk mendata.

Sedangkan untuk memastikan perlu tidaknya penambahan TPS khusus bagi warga terdampak program reaktivasi kereta api Cibatu-Garut Kota, Basri mengatakan, KPU akan melakukan kunjungan ke PT KAI dalam waktu dekat.

Ia menuturkan, sekarang ini program reaktivasi kereta api sudah ada dan belum jelas dilakukan.

“Kalau ada relokasi, apakah dalam satu lokasi atau terpencar. Nah kita perlu mengetahui kepastiannya untuk antisipasi pelaksanaan pemilu nanti,” katanya.

Selain penambahan TPS, lanjut Basri, KPU juga sedang mempertimbangkan kemungkinan penambahan TPS khusus di Rumah Sakit Umum (RSUD) dr Slamet Garut. Hal ini berkenaan data pasien masuk dan keluar.

Diketahui sebelumnya, jumlah TPS di Kabupaten Garut yang sudah ditetapkan KPU untuk Pemilu 2019 mencapai 8.056 TPS yang tersebar di 442 desa/kelurahan dan 42 kecamatan.

Sedangkan jumlah pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DTP) mencapai 1.895.779 pemilih. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here