Komjen M Iriawan Diperiksa TGPF Terkait Novel Baswedan

21
Komisaris Jenderal Polisi Mochammad Iriawan

RadarPriangan.com, JAKARTA – Teka-teki jenderal bintang tiga polisi yang diperiksa Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan akhirnya terungkap. Dia adalah mantan Kapolda Metro Jaya, yaitu Komisaris Jenderal Polisi Mochammad Iriawan.

Anggota TGPF kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, Hendardi mengatakan Komjen Mochammad Iriawan diperiksa karena yang bersangkutan saat itu menjadi Kapolda Metro Jaya.

“Untuk menepis berbagai isu, bahwa betul Komjen Iriawan kita periksa di dalam konteks beliau sebagai Kapolda dan hubungannya tentu saja dengan Novel,” kata anggota TGPF kasus penyiraman air keras terhadap Novel, Hendardi, di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (11/7).

Menurut dia, Iriawan diperiksa sebagai saksi. Dia menjelaskan Iriawan dengan Novel pernah melakukan beberapa pertemuan. TGPF mencari keterangan perihal pembicaraan di antara keduanya.

“Misalnya Novel pernah ke Polda Metro, Pak Iriawan juga pernah mengunjungi Novel ketika kejadian itu, maupun sesudahnya, pernah. Itu yang kami periksa, ada pembicaraan apa?” ungkap Hendardi.

Sebelumnya, anggota TGPF Hermawan Sulistyo mengatakan timnya telah memeriksa beberapa perwira tinggi berpangkat bintang tiga dalam kasus teror penyiraman air keras terhadap Novel.

Pasalnya ada isu bahwa jenderal polisi aktif diduga terlibat kasus ini sehingga Tim pun memeriksa jenderal-jenderal yang dicurigai terlibat tersebut.

“Dalam kasus ini, ada jenderal-jenderal bintang tiga yang diperiksa. Semua (yang dicurigai) kami periksa lagi,” kata Hermawan.

Namun, pihaknya enggan menyebut nama para jenderal yang dimintai keterangan.

Tim gabungan telah menyusun dan menyerahkan hasil kerjanya kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Terdapat sejumlah temuan dalam investigasi TGPF terkait kasus ini yang akan diumumkan pada pekan depan.(gw/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here