Kodim 0611 Garut Jalankan Program BSMSS

136

GARUT – Kodim 0611 Garut, saat ini tengah melaksanakan program BSMSS (Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa) di dua desa, dimana salah satunya adalah Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi.

Di Desa Sukasenang, dibangun jalan desa yang  menghubungkan Kampung Cikarokrok dengan Kampung Tegalkalapa dengan cara dirabat beton.

Komandan Koramil Banyuresmi, Kapten Inf H Saripin menyebut bahwa, pemasangan rabat beton jalan desa sepanjang 150 meter ini merupakan bantuan dari Kodam III Siliwangi bekerjasama dengan Pemkab Garut.

Bantuan ini diturunkan melalui program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa tahun 2018.

“Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan perintah dari Pangdam untuk melaksanakan program BSMSS di Desa Sukasenang dengan memasang rabat beton. Panjang jalan yang dipasang rabat beton mencapai 150 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 12 centimeter,” ujarnya kepada wartawan, di Kampung Tegalkalapa, Desa Sukasenang, Kamis (3/1/2019).

Ia mengatakan, melalui program tersebut diharapkan mempermudah akses jalan warga untuk memperlancar aktivitasnya, baik pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan.

Saripin juga mengatakan bahwa di Kabupaten Garut hanya ada dua desa yang mendapatkan bantuan ini yakni Desa Sukasenang Kecamatan Banyuresmi dan salah satu desa di Kecamatan Cisompet.

“Program ini dikerjakan oleh anggota TNI dari Kodim 0611 Garut dan Koramil Banyuresmi dengan dibantu warga sekitar, dengan bantuan yang diterima tidak berupa uang tapi langsung dalam bentuk barang sehingga pihaknya tinggal melaksanakan pekerjaannya. Tentunya kita bekerjasama dengan pihak desa selaku pengguna, berperan sebagai pelaksana sekaligus pengawas,” katanya.

Ia mengaku sangat bersyukur program tersebut mendapat respon yang sangat baik dari warga yang secara aktif turut membantu pengerjaannya.

“Program BSMSS ini hampir sama dengan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), yang membedakannya hanya besaran anggarannya dimana program TMMD skalanya lebih besar dan bantuan yang diterima langsung dalam bentuk barang,” ungkapnya.

Selain pemasangan rabat beton, menurut Danramil, program ini juga dilaksanakan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 20 meter dan pembuatan gorong-gorong sepanjang empat meter. Setiap harinya, anggota TNI yang mengerjakan program BSMSS rata-rata 6 sampai 7 orang untuk mempercepat proses penyelesaian pembangunan. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here