Kesibukan Mengajar Tak Surutkan Fuji Berprestasi di Lomba Tembang Cianjuran

91
Fuji Mina Karlina (tengah) bersama Wakasek SMPN 1 Cilawu Toni (Kanan) dan Odang (kiri)


Guru Honorer Juarai Lomba Tembang Cianjuran se-Jawa Barat

GARUT – Warisi bakat orang tua yang gemar dengan seni budaya sunda, Fuji Mina Karlina mampu menorehkan prestasi pada bidang tarik suara tembang sunda Cianjuran DAMAS se-Jawa Barat, DKI, Banten tahun 2019.

Prestasi tersebut diraih setelah dirinya tampil mengalahkan peserta lain dari 27 Kabupaten/Kota, termasuk diantaranya peserta yang terbilang sudah senior.

Meski di tengah kesibukannya sebagai pengajar seni karawitan di SMPN 1 Cilawu, perempuan berusia 24 tahun asal Kecamatan Garut Kota itu mampu mengeksplorasi bakatnya menjadi suatu prestasi.

“Saya bersyukur dengan bisa meraih prestasi ini menjadi motivasi kedepan, kalangan pemuda jangan sampai lupa dengan budaya sendiri, budaya sunda, dan terus memotivasi diri dan orang lain khsusunya kalangan muda untuk bisa berkarya,” katanya.

Pihaknya yang sudah tertarik pada seni budaya sunda sejak tahun 2009 itu mengaku bersyukur bahwa prestasi yang diraihnya bisa mengharumkan nama Garut di Jawa Barat. Ia pun berharap, prestasi yang didapat bisa mendapat apresiasi dari pemerintah.

“Prestasi pada lomba ini tidak hanya atas nama pribadi, tapi juga pemerintah Garut,” kata lulusan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung itu.

Ia menceritakan, untuk menjaga konsistensi kualitas suaranya, ia rutin sepekan satu kali berlatih. Bahkan ketika menjelang perlombaan, ia pun harus melakukan intensifikasi latihan menjadi tiga kali dalam satu pekan.

Selain Juara 1 Tembang Sunda Cianjuran DAMAS se-Jawa Barat, DKI, Banten 2019, ia pun menorehkan banyak prestasi lain, diantaranya : Juara 1 kawih sunda  thn 2007 di ITB Bandung, Juara 1 Tembang Sunda Cianjuran se-Priangan Timur di Sumedang 2016, Juara 2 Tembang Sunda Cianjuran DAMAS  se-Jawa  Barat, DKI , Banten 2016 Di Gedong Sabilulungan Kabupaten Bandung. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here