Kereta Api Harus Mulai Jalan 12 Februari

79
dok Radar Garut

GARUT – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, menyebut bahwa kereta api yang saat ini jalurnya tengah direaktivasi akan mulai beroperasi pada 12 Februar 2020. Untuk mendukung rencana tersebut, ia mengatakan pihaknya tengah berkomunikasi dengan PT KAI dalam hal penyediaan fasilitas pendukungnya.

Suherman mengatakan bahwa hingga saat ini proses pengerjaan jalur yang direaktivasi yang jaraknya mencapai 19,8 kilometer itu masih berlangsung hingga saat ini. “Di stasiun Garut juga saat ini sudah berlangsung proses pengerjaan,” katanya, Senin (09/12/2019).

Selain itu, Suherman juga menyebut bahwa fasilitas pendukung lainnya seperti perlintasan sebidang, tanda peringatan, palaing pintu, hingga stasiun yang akan dilalui hingga saat ini masih dalam progres pengerjaan oleh para pekerja.

“Sebagai bentuk dukungan kita pada reaktivasi jalur, kita juga terus berkoordinasi dengan PT KAI agar harapan masyarakat dalam menikmati perjalanan menggunakan kereta api segera terwujud. Karena kan kalau melihat jadwal, kereta api ini harus sudah mulai aktif per tanggal 12 Februari 2020,” sebutnya.

Sebelumnya, Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Fredi Firmansyah menyebut bahwa saat ini perkembangan reaktivasi jalur kereta Api Cibatu-Garut saat ini sudah 85 persen. Ia menyebut bahwa diperkirakan pada awal Januari 2020 jalur tersebut sudah bisa dijalankan.

“Untuk tarif belum ditentukan, tapi akan kita jalankan kereta api ekonomi atau bisa ditambah juga eksekutif. Kita akan pertimbangkan kebutuhan masyarakay untuk jalurnya karena untuk itu kan harus ada izin dari Kemenhub,” katanya.

Selain itu juga, Fredi menyebut bahwa pihaknya akan membangun Stasiun Garut dan Cibatu lebih lux. Namun untuk mewujudkannya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

“Untuk nanti akan dioptimalkan stasiun yang ada saat awal Februari mulai jalan. Kalau nanti akan jadi keren banget, jadi ikon Garut dan kebanggan masyarakat Kabupaten Garut,” tutupnya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here