Kendalikan Harga Pangan, DKP Jualan Sembako Murah

170
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut menggelar pasar murah Ramadan. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan kegiatan Gelar Pangan Murah (GPM). Selama kegiatan dijual berbagai kebutuhan pokok pangan masyarakat untuk mengendalikan harga pangan yang saat ini terjadi kenaikan pada Bulan Ramadan.

“Dengan GPM kami dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pangan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, Enok Rihawati dalam acara GPM di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jalan Pahlawan, Garut, Kamis (9/5).

Ia menuturkan, jual pangan murah untuk masyarakat umum itu diselenggarakan selama dua hari, Kamis dan Jumat (10/5) mulai pukul 08.30 sampai 13.00 WIB dengan produk yang dijual di antaranya aneka sayuran, daging dan telur ayam, daging dan telur puyuh, minyak goreng, terigu, gula pasir, dan beras.

Kegiatan itu, kata dia, melibatkan para pelaku usaha binaan Dinas Ketahanan Pangan, bekerjasama dengan Bulog Garut dalam penyediaan kebutuhan pokok dengan harapan harga pangan di pasaran tidak terus naik.

“Harga berbagai komoditas pangan selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri cenderung meningkat,” katanya.

Ia menyampaikan, tujuan kegiatan pasar murah salah satunya untuk membantu masyarakat dalam memperoleh pangan segar dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar sesuai harga yang diinginkan masyarakat.

Ia berharap, kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak, para petani sebagai produsen dalam mendapatkan harga jual yang menguntungkan karena rantai tata niaga lebih pendek dan konsumen mudah mendapatkannya.

Ia menambahkan, kegiatan itu upaya membantu meringankan beban hidup masyarakat sekaligus ibadah di Bulan Suci Ramadan.

“Momentum Ramadan tidak hanya berpuasa tapi juga dapat dimanfaatkan melakukan kegiatan sosial untuk membantu sesama sehingga berkah bulan penuh rahmat ini bisa dirasakan semua kalangan,” katanya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here