Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan

58

RadarPriangan.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran beasiswa unggulan mulai 17 Juli hingga 9 Agustus 2019.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud, Suharti PhD mengatakan, Beasiswa Unggulan yang disediakan oleh Kemendikbud tersebut ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.

“Peningkatan kualitas tersebut, disediakan melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun nongelar, di antaranya yang melalui jalur gelar adalah Beasiswa Unggulan,” kata Suharti, di Jakarta, Jumat (19/7)

Ia menjelaskan, Beasiswa unggulan Kemendikbud terdiri dari tiga kategori yakni Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud.

“Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi jenjang S1,S2 dan S3, baik mahasiswa baru maupun yang sudah berjalan,” tuturnya.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi Beasiswa Unggulan yakni https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

Beasiswa itu diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan.

Ia menuturkan, program Beasiswa Unggulan juga mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar-kelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan yang tinggal di daerah tertinggal.

“Pada 2016, Kemendikbud memberikan beasiswa kepada 1.433 mahasiswa. Kemudian 2017 sebanyak 2.857 mahasiswa, dan 2018 sebanyak 2.525 mahasiswa,” sebutnya.

Kemendikbud selalu berharap agar anggaran untuk beasiswa ditambah sehingga bisa memberikan beasiswa kepada lebih banyak penerima. (der/fin)

Berikut tata cara dan tahap pendaftaran beasiswa unggulan sebagai berikut:

Tahap 1

1. Membaca informasi dan Frequently Asked Questions (FAQ) yang dapat diakses di sini.

2. Lakukan registrasi untuk program Beasiswa Unggulan di sini. Proses registrasi memakan waktu 10 menit.

3. Setelah registrasi, buka email kalian untuk melakukan aktivasi akun yang baru saja didaftarkan. Jika dalam waktu 30 menit link aktivasi tidak muncul, klik tombol Bantuan untuk mengganti email.

4. Setelah aktivasi, login ke akun kalian yang telah didaftarkan.

5. Lengkapi form pendaftaran dan isi sesuai dengan data yang valid. Setelah semua data dimasukkan, kalian akan mendapatkan nomor registrasi. Setelah proses pendaftaran selesai, akan ada waktu 3 minggu ke tahap berikutnya.

Tahap 2

6. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 akan diumumkan lewat email. Peserta yang tidak lulus bisa mengikuti Beasiswa Unggulan Batch 2 di tahun yang sama. Akan ada jeda waktu 3 hari ke tahap berikutnya.

Tahap 3

7. Pemanggilan seleksi tahap 2 secara tatap muka dilakukan lewat email. Bagi peserta yang tidak hadir dianggap mengundurkan diri. Akan ada jeda waktu 3 minggu ke tahap berikutnya.

Tahap 4

8. Pengumuman akhir program Beasiswa Unggulan dapat dilihat di akun dan e-mail masing-masing peserta. Bagi peserta yang lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. Bagi peserta yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri.

9. Peserta yang lolos akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas yang telah ditentukan.

Untuk info lebih lanjut mengenai program Besasiswa Unggulan, kalian yang berminat bisa kunjungi situs https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here