Kembangkan Jabar sebagai Pariwisata Internasional, Tiga Menteri Kunjungi Garut

140
Menteri Keuangan Srimulyani dan dua Menteri lainnya berbaur dengan masyarakat saat kunjungan di Situ Bagendit, Jumat (26/4). (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Tiga menteri kabinet kerja, Menteri Keuangan, Perhubungan, dan Pariwisata, Jumat (26/4) melakukan kunjungan ke dua lokasi di Kabupaten Garut, yaitu Stasiun Cibatu dan Situ Bagendit. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Garut, dan Jawa Barat umumnya.

“Saya, pak Menteri Perhubungan dan juga pak Menteri Pariwisata yang ingin mengembangkan dan membuat Jawa Barat ini sebagai pusat destinasi pariwisata internasional. Ditunjang dengan suatu visi yang memang sangat kuat dari pak Gubernur yang menginginkan juga suatu revitalisasi dan peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Objek Wisaya Situ Bagendit.

Pilihannya di Garut, kata Menkeu, karena adanya kolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang selama ini banyak sekali membuat konten ekonomi kreatif.

“Kunjungan kami di sini merupakan suatu bentuk kolaborasi sinergi antar Kementerian lembaga dan pemerintah daerah dalam rangka kita selalu bersama-sama. Karena selalu masalah pembangunan itu dimensinya multiple, enggak mungkin satu program sendiri akan menyelesaikan,” jelasnya.

Isu pembangunan sendiri, disebutnya pasti selalu multidimensi dan di sana terdapat dimensi keuangannya atau anggaran. Dalam prosesnya sendiri todal jarang disebut Sri selalu disebut kurang atau anggaran, tapi juga banyak sekali dimensi yang membutuhkan berkolaborasi.

“Harus berkolaborasi secara erat antara pusat dan daerah dan antara seluruh Kementerian lembaga. Dan pola-pola kita untuk melakukan kolaborasi ini akan makin terasa dan akan nyata apabila kita juga mengunjungi ke tempat lokasinya sehingga kita tidak hanya lihat oleh mata anggarannya sudah ditambahkan programnya diberikan, namun kalau kita ke sini baru bisa merasakan dan melihat sendiri,” ungkapnya.

Sri berhatap agar semuanya bisa bersama-sama berkolaborasi dengan anggaran yang diberikan pemerintah pusat dan program kementerian. Pihaknya sendiri, diakuinya akan merasa senang jika ada jaminan dampak pembangunan yang dirasakan masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur, Bupati dan seluruh Kementerian lembaga dari Menteri Menteri Pariwisata Menteri Perhubungan kepala dan seluruh instansi lain yang membuat kunjungan ini begitu sangat produktif,” ucapnya.

Dalam kunjungan, tadinya dijadwalkan empat menteri akan hadir termasuk Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Namun dalam kunjungan tersebut kehadirannya digantikan Dirjen Ciptakarya pada Kemneterian PUPR. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here