Kapolda Jabar Ajak Warga ke TPS tanpa Rasa Takut

107
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Minggu (14/4) melakukan patroli kewilayahan di Kabupaten Garut. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Minggu (14/4) melakukan patroli kewilayahan di Kabupaten Garut. Keduanya melakukan patroli menggunakan helikopter dan sempat keliling menggunakan kendaraan roda dua di kawasan perkotaan Garut.

“Jadi kegiatan ini mulai tadi malam saya bersama Pangdam III dan jajaran. Tadi malam di wilayah Kota Bandung, malam hari. Untuk meyakinkan kepada masuarakat bahwa Polri di-back up penuh TNI jajaran Kodam III Siliwangi dan seluruh jajarannya mengawal pesta demokrasi ini,” kata Kapolda Jabar di Garut.

Di Bandung, Kapolda mengaku bertemu dengan ulama hingga ibu-ibu di tingkat rukun tetangga. “Mereka senang dengan kehadiran TNI-Polri untuk mengamanjan proses demokrasi ini. Sangat senang,” katanya.

Meski demikian, Kapolda tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk hadir ke TPS dan memberikan hak politiknya. TNI-Polri menurutnya akan mengamankan selama proses demokrasi berlangsung.

“Semua (personel) sudah siap sampai selesai. (Anggota) baru ditarik kalau selesai,” tegasnya.

Agung juga mengaku pihaknya sudah memerintahkan seluruh Kapolres agar tidak under estimate menyikapi pesta demokrasi 2019. Hal yang harus dilakukan adalah dengan tetap menyiagakan seluruh anggota selama proses tersebut berlangsung.

“Seperti walau ini zona aman tetap kita siapkan semuanya. Dan dari TNI-Polri juga ada personel yang di-BKO-kan. Dari TNI lebih dari 10 ribu dan dari Polri 24 ribuan,” ucapnya.
Ia memercayakan untuk teknis pengamanan diserahkan kepada Kapolres.

“Kapolres tau persis kapan harus patroli dan melakukan penjagaan untuk meyakinkan masyarakat agar berani datang ke TPS dengan aman dan tidak ada intimidasi. Kalau ada akan kita proses,” ungkapnya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menyebut bahwa pihaknya dalam mengamankan pesta demokrasi ini mengikuti kepolisian karena sifatnya membantu. Namun ia memastikan bahwa di Jawa Barat ini tidak ada hal yang menonjol.

“Jabar ini masyarakatnya agamis dan sadar hukum sehingga tidak akan ada yang mengganggu masyarakat Jawa Barat,” katanya.

Dalam kunjungannya, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi sempat berpatroli menggunakan kendaraan roda dua. Didampingi para jajaran, Kapolda dan Pangdam mendatangi Koramil Garut Kota dan Pos Kamling di wilayah Kecamatan Garut Kota.

Kapolda dan Pangdam di lokasi mengecek kesiapan dan memberikan bantuan untuk pengamanan kepada anggota Koramil dan penjaga Pos Kamling. (igo)

iqbal gojali/radar garut
JAMIN KEAMANAN: Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, melakukan patroli kewilayahan di Kabupaten Garut, Minggu (14/4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here