JK Usulkan Sulawesi Jadi Ibu Kota Negara

114
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla

RadarPriangan.com, JAKARTA–Rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota Negara digelar di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019). Dalam rapat itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengusulkan Sulawesi menjadi lokasi Ibu Kota Negara yang baru.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pun membenarkan usulan JK tersebut. “Ya, Sulawesi dibilang Pak JK,” kata Basuki Hadimuljono kepada sejumlah awak media.

Ada tiga lokasi yang diusulkan JK, kata Basuki, pertama di Sulbar, yakni Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Kedua berada di Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni kota Pare-Pare. Keduanya, beber Basuki, dinilai strategis karena lokasinya berada di tengah Indonesia, baik jika diukur dari barat ke timur dan utara ke selatan.

Namun, kedua daerah itu memiliki kekurangan, yakni cukup rentan terhadap bencana. “Karena itu ring of fire,” kata Basuki.

Tak hanya itu, opsi ketiga yang ditawarkan JK adalah Ibu Kota Sulsel, yakni Kota Makassar yang dinilai tidak rentan terhadap bencana alam karena di luar kawasan cincin api. Hanya saja, letaknya terlalu ke Selatan.Selain Sulawesi, menurut Basuki, pulau Kalimantan juga akan menjadi pilihan yang bisa diambil oleh pemerintah. (bs/eds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here