Jelang Pilkades, Pemkab Harus Update Peta Konflik

61


GARUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut meminta Pemerintah Kabupaten Garut bisa mengupdate peta konflik menjelang Pemilihan Kepala Desa, pemilihan yang akan digelar pada 5 November 2019 itu harus bisa berjalan lancar tanpa ekses atau konflik di tengah masyarakat.

Pilkades serentak di Garut akan dilaksanakan di 141 Desa. Dengan begitu, Pemerintah Kabupaten diharapkan bisa mendeteksi konfilik horizontal, agar tidak terjadi.

Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi PDI Perjuangan Dadan Wandiansyah, mengatakan, Pilkades serentak memiliki potensi kerawanan konfilk lebih besar dibandingkan Pileg, bahkan Pemilu.

“Saya berharap semakin bertambahnya kedewasaan masyarakat akan prlaksanaan demokrasi,” katanya saat ditemui di Gedung DPRD Garut.

Bahkan pemilihan kepala desa kata Dadan, lebih rentan akan terjadinya konflik. Maka pihaknya berharap kepada semua kalangan untuk menjaga dan mengantisipasi terjadinya konflik sekecil apa pun.

“Terutama kepada semua calon supaya bisa menyampaikan pesan-pesan damai yang mengedepankan persatuan dan kesatuan,” katanya.

Dadan juga mengungkapkan, Pilkades serentak ini menjadi monentum untuk memilih pemimpin terbaik, sehingga masyarakat diharapkan jangan mudah terprovokasi oleh hal hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here