Jelang Arus Mudik, Polres Ciamis Ramp Check Angkutan Umum

174
Polres Ciamis bersama Dishub Ciamis melakukan ramp check kendaraan umum di Terminal Ciamis, hingga seminggu ke depan untuk memastikan kelaikan kendaraan saat mudik. (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Jajaran Satuan Lalulintas Polres Ciamis menggelar kegiatan ramp check di Terminal Ciamis, Senin (20/5). Rampcek digelar untuk menjaga keselamatan para penumpang,dan menghindari terjadinya kecelakaan yang menimbulkan banyaknya korban jiwa. 

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP M Bima Gunawan Jauharie SIK menjelaskan, pelaksanaan ramp check ini dikhususkan untuk memeriksa kendaraan-kendaraan penumpang umum seperti bus mikro maupun bus besar yang melakukan trayek ke luar kota maupun dalam kota untuk dilakukan ramp check oleh pihak kepolisian.

Bima mengatakan, dari 6 kendaraan yang  dilakukan pemeriksaan ada 2 kendaraan yang tidak laik jalan,dua bus yang dapat membuktikan dokumen administrasi kelengkapan kendaraan. Misalnya Kartu Pengawasan yang tidak ada, ada pula yang belum memperpanjang KIR, ada kendaraan yang antara nomor uji yang tertera pada kendaraan dengan yang ada di buku uji berbeda, walau nomor kendaraannya sama.

Petugas pun terpaksa akan menahan buku uji kendaraan tersebut, untuk selanjutnya dipenuhi persyaratan sesuai dengan semestinya.

Kedapatan pula ada sopir bus yang STNK-nya tidak ada langsung dilakukan tilang oleh petugas kepolisian.

“Kegiatan ini dilakukan agar kendaraan-kendaraan yang beroprasi dinyatakan aman dan bisa melakukan perjalanan seperti biasanya,” ucapnya.

Nenurut bima, kegiatan ramp check ini akan dilakukan selama satu minggu ke depan,agar para pengendara bisa mematuhi kelengkapan surat-suratnya.

Bima mengimbau, selama menggunakan jalan raya, jalan umum, tetap harus mengutamakan keselamatan. Mudah-mudahan apa yang dikhawatirkan tidak terjadi, dan pengendara bisa menggunakan jalan raya dengan baik. 

“Mudah-mudahan tahun ini kecelakaan di jalan raya tidak terjadi, dan pengendara bisa menggunakan jalan umum dengan baik,” pungkasnya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here