Jangan Libatkan Anak di Bawah Umur saat Kampanye

105
Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful R

RADARPRIANGAN.COM, BANJAR – Tahapan Pemilu 2019 kini telah memasuki tahap kampanye terbuka atau rapat terbuka, sejak 24 Maret Hingga 13 April 2019.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial M mengimbau kepada peserta Pemilu agar dalam pelaksanaan kampanye terbuka menempati lokasi yang telah ditentukan dan diperbolehkan.

Menurut Danial, sesuai Keputusan KPU Kota Banjar Nomor 24/PL.01.5-KPT/3279/KPU-KOT-III/2019 tentang Jadwal Kampanye Rapat Umum Pemilu Anggota DPRD Kota Banjar tahun 2019, di antaranya mengatur sejumlah lokasi yang diperbolehkan. 

“Sejumlah lokasi yang di perbolehkan diantaranya, Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar serta Lapang terbuka di setiap desa dan kelurahan di 25 desa dan keluarahan sekota Banjar,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (26/3). 

Selain itu, lanjutnya para peserta Pemilu diimbau untuk menggunakan sarana kampanye rapat umum dengan baik, sehingga bisa melahirkan pemilih yang cerdas. 

“Pergunakan sarana kampanye terbuka dengan baik, karena kampanye yang baik akan melahirkan pemilih cerdas maka pemilu pun akan berkualitas,” imbaunya.

Danial menjelaskan, ketentuan lain kampanye terbuka yakni pembatasan waktu kampanye. Menurutnya, KPU juga mengatur waktu pelaksanaan kampanye terbuka.

“Kampanye terbuka bisa dilaksanakan dari pukul 09.00 Hingga 18.00,” jelasnya. 

Selain itu, Lanjut Danial, sebelum kampanye digelar, para peserta Pemilu harus memberitahulan melalui surat kepada pihak kepolisian dan ditembuskan kepada KPU dan Bawaslu. 

Danial berharap, Masyarakat dapat berpartisipasi dalam Kampanye terbuka, karena masa kampanye merupakan tahapan untuk mendalami dan mengenali calon pemimpin ke depan. 

Kampanye terbuka merupakan ruang agar bisa mempelajari, memahami dan mendalami Visi dan Misi program kerja dari masing masing peserta pemilu 2019,” terangnya.

Semantara itu, memasuki masa kampanye terbuka, Bawaslu Kota Banjar telah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh peserta Pemilu. 

“Kami mengimbau kepada peserta Pemilu untuk tidak melibatkan anak di bawah umur dalam kampanye terbuka,” jelas Ketua Bawaslu Kota Banjar Irfan Saeful R. 

Selain itu, Irfan mengimbau agar pelaksanaan kampanye terbuka sesuai dengan jadwal dan pada pelaksanaanya harus sesuai dengan STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) dari kepolisian. 

Menurut Irfan, dalam pengawas kampanye terbuka, pihaknya akan melakasanakan tindakan preventif sejak belum dimulai kampanye terbuka hingga akhir masa kampanye terbuka. 

‘’Kalau teknis pengawasanya kita akan masiv dari awal sampai akhir, kemudian kita juga memastikan untuk panitia pelaksana itu mengantongi STTP dari pihak kepolisian, dan juga senantiasa menjaga ketertiban saat berkampanye,” pungkas Irfan. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here