Jalan Talegong-Cisewu sempat Tertutup Longsor

208

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria menegaskan, akses jalan milik provinsi Bandung-Telegong-Cisewu-Garut yang tertimpa longsor kini sudah kembali normal.

Jalan tersebut sudah dapat dilalui kendaraan baik dari arah Bandung ke Garut maupun sebaliknya. Namun begitu, Dadi mengingatkan kepada pengguna jalan agar waspada dan hati-hati jika melalui daerah rawan bencana, apalagi sedang turun hujan. 

“Pokoknya selama musim hujan ini saya mengimbau dan mengingatkan agar warga dan pengguna jalan untuk berhati hari dan waspada jika berada di daerah rawan bencana, terlebih melintasi tebing tinggi atau jembatan,” kata Dadi di ruang kerjanya, Jumat (5/4).

Akibat hujan deras di sebagian wilayah selatan Garut, mengakibatkan longsor, Kamis (4/4) malam di Blok Curug Kampung Sawah Jeruk, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong. 

Jalur tersebut menghubungkan antara kecamatan Cisewu dan Caringin Rancabuaya hingga berbatasan dengan Kabupaten Bandung. 

Longsor tebing dengan ketinggian lima meter dengan panjang 20 meter serta lebar tujuh meter menutupi ruas jalur provinsi Jawa Barat. Selain menutup jalan, longsor juga menimbun salah satu rumah warga. 

Camat Talegong, Caca Rifa’i mengatakan, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun material longsor masih terus dibersihkan agar akses jalan betul betul normal. 

“Kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB malam, alat berat masih berada di lokasi dan masyarakat juga terus bergotong royong membersihkan tanah di badan jalan,” pungkasnya. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here