Jadikan Situ Bagendit Pariwisata Global

253
Bupati Garut Rudy Gunawan, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Ridwan Kamil, di Situ Bagendit, Jumat (26/4). (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

Emil Sebut Kunjungan Menteri sebagai Langkah Strategis

RadarPriangan.com, GARUT – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyebut bahwa kunjungan kerja para menteri ke Garut merupakan langkah strategis. Ia yang mendampingi saat para menteri melakukan kunjungan, mengaku sudah menyampaikan berbagai potensi ekonomi di Jawa Barat.

“Potensi ekonomi Jawa Barat ini luar biasa, hanya tidak bisa diselesaikan oleh satu dimensi saja. Khusus untuk Kabupaten Garut, akan dijadikan percontohan sebagai kabupaten unggulan pariwisata di Jawa Barat karena punya segala hal, mulaj dari gunung, laut, pantai, sawah, lembah, air terjun, dan segala rupanya,” katanya di Objek Wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jumat (26/4).

Untuk langkah pertamanya, disebut Emil, adalah komitmen dari pemerintah untuk penataan kawasan danau Bagendit. Dari pemerintah provinsi sendiri, diakuinya ada anggaran Rp30 miliar dan dari pemerintah pusat sesuai komitmen Presiden Jokowi Rp100 miliar.

“Mudah-mudahan di akhir 2020 kita bisa kembali lagi ke sini menyaksikan perubahan yang signifikan untuk naik kelas dari kelas lokal menjadi kelas global,” katanya.

Sebelumnya, dalam sambutan Emil menyebut bahwa Jawa Barat adalah 20 persennya Indonesia dengan pertumbuhan ekonominya baik dan investasinya terbaik se Indonesia karena mencapai 60 persen. Namun meski demikian, diakuinya kondiai masyarakat di Jawa Barat masih ada persoalan kemiskinan karena dipicu ketimpangan infrastruktur di Jawa Barat Selatan.

Selama ini, sektor investasi induatri di Jawa Barat lebih banyak terjadi dari tengah ke utara. Sedangkan untuk tengah ke selatan, sektor investasi yang paling memungkinkan menurutnya adalah pariwisata.

“Kami sudah deklarasi dengan Kemenpar kami akan menjadi daerah wisata. Jadi imajinasi pariwisata ini tanpa batas,” ucapnya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here