Ini Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

56
Ilustrasi ibu hamil. Saat berpuasa, ibu hamil harus memerhatikan asupan makanan agar janin tetap terpenuhi gizinya. (Romper)

RadarPriangan.com – Menjalani puasa selama bulan Ramadan menjadi kewajiban setiap Muslim. Sebab kesempatan ini hanya datang setahun sekali saja. Terlebih, Ramadan menjadi kesempatan yang baik untuk mendapatkan lebih banyak pahala.

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak sekalipun begitu bersemangat dalam menyambut bulan yang suci ini.Bahkan bagi ibu hamil pun, akan merasa enggan melewatkan momen ini.

Menjalankan puasa di saat hamil merupakan hal yang cukup berat, mengingat ibu hamil juga harus menjaga kesehatannya dan juga janinnya.  Untuk itu, sangat penting memeriksakan kondisi kesehatan kehamilan terlebih dahulu. Sehingga dokter bisa memastikan apakah yang bersangkutan benar-benar sehat dan bisa menjalani puasa sebagaimana biasanya.

Selain memeriksakan diri ke dokter, langkah selanjutnya adalah memerhatikan asupan makanan.  Sebab, bukan hanya kondisi ibu yang patut dicermati, namun kondisi janin di dalam kandungan juga tak kalah pentingnya.

Dalam pertumbuhannya, janin membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan memadai agar bisa berkembang dengan baik. Hal ini akan membuat ibu hamil lebih siap dan tetap sehat selama menjalani ibadah puasa.

Seperti dikutip dariĀ Cermati.com oleh jawapos.com, Minggu (12/%), ada enam porsi makanan yang perlu diperhatikan para ibu hamil selama puasa.

1. Makanan Utama dengan Kandungan Gizi yang Cukup

Di saat sahur dan berbuka puasa, ibu hamil harus mengonsumsi sejumlah makanan dengan kandungan gizi yang cukup, baik untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin dalam kandungannya.

Makanan utama ini harus memenuhi berbagai kandungan nutrisi yang lengkap, seperti mineral, karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan lainnya. Semua ini tentu bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi menu makanan yang sehat, seperti nasi, ikan, daging, tahu dan tempe, susu, sayuran, dan buah-buahan.

Ilustrasi makanan bergizi. Saat berpuasa, ibu hamil perlu memperbanyak makanan bergizi seperti ikan, sayur, dan buah serta kaborhidrat yang cukup. (Healthline)

2. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Saat hamil, rasa lapar yang terus-menerus dan sering memang kerap dirasakan. Namun, bukan berarti ini tidak bisa diatasi. Agar selama berpuasa ibu hamil tidak mudah merasa lapar, maka mengonsumsi karbohidrat kompleks adalah pilihan yang tepat.

Sebab makanan ini akan mengalami proses pencernaan yang lebih lama di dalam tubuh. Ada banyak jenis makanan seperti ini, antara lain oatmeal, nasi merah, kacang-kacangan, gandum, roti gandum, sayuran, dan buah-buahan.

3. Makanan yang Mengandung Banyak Protein

Ibu hamil juga membutuhkan banyak asupan protein, sebab makanan seperti ini juga bisa dicerna dengan lambat di dalam tubuh, sehingga bisa menunda rasa lapar. Ada banyak makanan tinggi protein yang bisa dijadikan pilihan, yakni telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Makanan yang Mengandung Kalsium

Meski berpuasa, ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Hal ini bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi, seperti ikan, yoghurt, susu, dan keju.

5. Makanan Tak Mengandung Banyak Gula

Selain berbagai makanan yang dibutuhkan di atas, sejumlah makanan juga perlu dibatasi konsumsinya oleh ibu hamil, untuk menjaga kondisi tubuh dan juga janinnya. Nah, makanan yang harus dibatasi adalah yang mengandung banyak gula. Selain itu hindari makanan yang mengandung banyak lemak.

6. Air Putih atau Air Mineral dalam Jumlah yang Cukup

Saat berpuasa, ibu hamil juga tetap membutuhkan asupan air mineral dalam jumlah yang cukup. Setidaknya, minumlah 1,5 hingga 2 liter air mineral per harinya. Hal ini akan mencegah terjadinya dehidrasi dan kondisi lemas selama menjalani puasa. Jumlah total kebutuhan air putih itu bisa diatur dalam kurun waktu mulai dari berbuka puasa hingga sahur. Sehingga badan akan tetap segar dengan terpenuhinya kebutuhan air mineral dalam tubuh. (jpc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here