Indonesia Jadi Rantai Pasok Global Otomotif

183
Vice President Brand and Communications Telkomsel Nirwan Lesmana (kiri), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (tengah) dan Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh (kanan) saat pembukaan Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 (IIMS), di Jakarta Kamis (25/4/2019). Telkomsel membuktikan kapabilitasnya sebagai telco digital company penyedia layanan dan solusi digital melalui kolaborasi antara industri otomotif dengan industri teknologi dan informasi di Indonesia dalam gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 (IIMS). Kolaborasi dengan IIMS membuktikan bahwa produk dan layanan Telkomsel sudah menyentuh berbagai lintas industri, termasuk otomotif. Foto : Iwan tri wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWORK

Indonesia International Motor Show 2019 Dibuka

RadarPriangan.com, JAKARTA– Industri otomotif Indonesia masih punya ruang untuk diperbesar. Tahun lalu jumlah produksi mobil mencapai 1,34 juta unit atau senilai USD 13,76 miliar.

Saat ini empat perusahaan otomotif besar telah menjadikan Indonesia sebagai rantai pasok global. Dalam waktu dekat, ada beberapa prinsipal otomotif lagi yang bergabung.

“Menjadikan Indonesia sebagai hub manufaktur otomotif di wilayah Asia,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di sela-sela pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Kamis (25/4).

Dia menjelaskan, masuknya pemain baru itu akan menggenjot kinerja industri otomotif, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

“Apalagi, industri ini menyerap banyak tenaga kerja, lebih dari satu juta orang,” ungkap Airlangga.

Karena itu, industri otomotif terpilih menjadi bagian dari lima sektor manufaktur andalan dalam implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Selain mendapat prioritas pengembangan untuk lebih berdaya saing global, pemerintah mendorong industri otomotif siap memasuki era Industri 4.0.

Pameran yang berlangsung selama 11 hari sampai 5 Mei tersebut menampilkan berbagai produk baru. Tahun ini penyegaran lini yang ditampilkan agen pemegang merek (APM) cukup merata di semua segmen.

Duo pabrikan Tiongkok, Wuling dan DFSK, meluncurkan produk baru. Wuling menghadirkan Cortez CT dan Confero S ACT. Cortez CT merupakan varian baru yang mengusung mesin 1.500 turbo, mesin yang identik dengan Wuling Almaz.

“Confero S ACT adalah varian Confero yang hadir dengan transmisi baru e-clutch,” jelas Vice President Wuling Motors Cindy Cai.

Di booth DFSK, Glory 560 ditampilkan ke publik. Medium SUV itu ditawarkan dalam lima varian. Managing Director PT Sokonindo Automobile of Sales Centre Franz Wang menuturkan bahwa produk terbaru yang ditawarkan tersebut sesuai dengan selera dan tren SUV di Indonesia.

“Kami berusaha memenuhi kebutuhan dinamis pasar di segmen SUV,” kata Wang.

Sang primadona baru LMPV, Mitsubishi Xpander, turut bersolek di ajang IIMS 2019. Mitsubishi meluncurkan Xpander Limited. Produk baru yang dikenalkan tersebut merupakan varian termewah. Mitsubishi menambahkan sarung jok yang lebih sporty, ornament decal, exclusive Limited ID, dan scuff plate pada interior mobil tersebut.

Pada eksterior mobil tersebut, terdapat penambahan berupa aero kit, mirror cover decal, door handle protector, fuel lid garnish, dan engine hood emblem.

“Kami ingin mempertahankan tren penjualan yang tinggi. Saat ini mobil itu laku 100 ribu unit dalam 18 bulan. Ini ingin kami pertahankan,” ujar Direktur Sales Marketing Mitsubishi Irwan Kuncoro.

Dari segmen kendaraan niaga, Suzuki menjawab rasa penasaran publik. PT Suzuki Indomobil Sales melakukan world premiere produk New Suzuki Carry Pick Up, generasi terbaru pikap Carry yang menjadi penguasa pasar.

Kehadiran produk baru itu sekaligus menggantikan pikap Suzuki Carry dan Mega Carry yang produksinya dihentikan. Carry memboyong mesin baru K15LB yang juga digunakan All New Ertiga.

“Selain pikap, pelanggan dengan jenis usaha yang beragam bisa memodifikasi untuk dijadikan mobil boks, mobil toko, ambulans, truk sampah, hingga angkot,” tutur President Director PT Suzuki Indomobil Sales Seiji Itayama. (din/ful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here